Pos Curhat Optimal, Oro-Oro Ombo Juara Pecegahan KDRT Tingkat Nasional

Di Posting Oleh madiuntoday

16 Oktober 2017


MADIUN – Tidak ada persoalan rumah tangga yang tidak bisa diselesaikan. Cekcok suami istri selalu ada jalan tengah dan berakhir damai. Apalagi kalau ribut-ribut rumah tangga itu berasal dari problem ekonomi.
Lurah Kelurahan Oro-Oro Ombo, Suwarno, mengatakan, hal inilah yang dilihatnya sejak awal ia menjabat. Lalu sejak 2013, ia dan Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Oro-Oro Ombo, Sulastri, giat melaksanakan berbagai kegiatan produktif ekonomi. Ujungnya, kelurahan ini menjadi juara 1 Nasional untuk Lomba Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) 2017 yang diumumkan Oktober ini.

“Kita melihat persoalan ekonomi yang paling banyak menjadi sumber persoalan keluarga, maka inilah yang jadi garapan ibu-ibu PKK dan menular ke kegiatan-kegiatan lain,” ujar Suwarno, Senin (16/10/2017).

Dari kegiatan PKK bernama Pos Curhat, urai Suwarno, pihaknya bisa menampung berbagai persoalan hingga ke tingkat keluarga sekalipun. Diketahui 90 persen lebih persoalan keluarga dengan bentuk cekcok mulut hingga kekerasan dalam rumah tangga berasal dari masalah ekonomi. Kemiskinan dan tidak adanya penghasilan keluarga membuat berbagai persoalan kecil seringkali meruncing.

“Kita Optimalkan Pos Curhat. Dari curhat (curahan hati) antara ibu-ibu dengan pengurus PKK dan bapak-bapaknya dengan pengurus RT dan RW maka persoalan itu bisa terdeteksi. Lalu bisa kita buat solusinya. Yaitu membuat berbagai program kegiatan yang produktif dan bernilai ekonomi, kegiatan yang menghasilkan uang. Ini membuat keluarga minim perselisihan,” ungkapnya.

Ada berbagai kegiatan produktif yang telah dilaksanakan. Mulai dari mendirikan bank sampah, produksi makanan khas Oro-Oro Ombo sampai pada pemberdayaan remaja dan lansia dalam kegiatan-kegiatan pembuatan cindera mata dan kue-kue. Termasuk produksi olahan aloe vera atau lidah buaya khas Oro-Oro Ombo.

“Semua lini dari muda hingga tua digarap, dari karang taruna hingga lansia. Makanya, semua orang di sini bisa hidup damai. Kasus kekerasan dalam rumah tangganya nol dan pencegahan KDRT-nya 100% selama 2016 dan 2017,” ujar Suwarno.

Oro-Oro Ombo menyisihkan dua wilayah tingkat desa di dua kota besar, yaitu Bontang, Kalimantan Timur dan Pontianak, Kalimantan Barat. Dari Jawa Timur, Kota Madiun bersaing dengan 5 kota dan kabupaten lainnya. Empat diantaranya juga menjadi juara namun sebagia juara harapan.

#tolakcukaiilegal
#sebarkankontenpositif
#internetsehat
#madiunkotawifi
#madiuntoday

Artikel Terkait

Thamrin Jadi Satu Arah, Ini Skema Pengalihan Arus Jalan di Kota Madiun

Thamrin Jadi Satu Arah, Ini Skema Pengalihan Arus Jalan di Kota Madiun

MADIUN – Penyesuaian akses lalu lintas di Kota Madiun terus dilakukan. Rapat koordinasi (Rakor) terkait akses lalu lintas dari dan ke Kota Pendekar kembali digelar, Sabtu (4/4). Bertempat di Dinas Perhubungan Kota Madiun, Rakor menghasilkan sejumlah kebijakan baru....

Don`t copy text!