MADIUN – Masyarakat Kota Madiun bakal semakin betah saat berada di Taman Olahraga Gulun. Fasilitas taman di tengah kota itu kian lengkap setelah penambahan sarana fitness outdoor kini. Setidaknya, lima alat fitness siap dimanfaatkan sejak dua pekan terakhir. Fasilitas dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma alias gratis.

‘’Ini melengkapi fasilitas yang ada. Ke depan bisa saja akan terus dilengkapi,’’ kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun Soeko Dwi Hardiarto, Jumat (22/12).

Yakni, Rowing Machine, Multi Height Leg Streching Station, Double Sit Up Board, Horse Rider Machine, dan Parallel Bars. Kelima alat yang ditempatkan disisi timur lapangan tersebut memiliki fungsi berbeda. Rowing Machine misalnya. Alat ini sedikit berbeda dengan yang biasa digunakan saat indoor. Rowing Machine outdoor seperti bersepeda. Mengandalkan ayunan kaki dan tarikan tangan. Harus mendorong dengan kaki, sementara menarik dengan lengan. Alat ini tidak hanya membuat tubuh bagian atas lebih sehat dan terbentuk. Tapi juga bagian bawah tubuh.

‘’Pengadaan alat sudah dikoordinasikan dengan pakar kebugaran tubuh termasuk instruktur fitness. Harapannya, alat dapat digunakan masyarakat secara umum tanpa instruktur khusus namun memberikan manfaat yang maksimal,’’ ujarnya.

Begitu juga dengan Multi Height Leg Streching Station. Alat ini cukup mudah. Hanya berbentuk pegangan-pegangan memutar. Alat ini membantu pelemasan otot sebelum olahraga berat seperti lari. Sedang, Double Sit Up Board membantu melakukan sit up. Namun, juga dapat digunakan untuk membantu pelemasan otot-otot seperti alat sebelumnya. Begitu juga dengan Horse Rider Machine, dan Parallel Bars. Keduanya memiliki manfaat masing-masing. Soeko menambahkan, masyarakat dapat membaca instruksi penggunaan yang tertera pada masing-masing alat jika dibutuhkan.

‘’Alat sengaja kami pilih yang mudah digunakan. Intinya agar mudah, aman, dan bermanfaat,’’ terangnya.

Baca juga:   Ketua MUI Himbau Penarikan Suplemen Mengandung Babi

Pihaknya berharap masyarakat turut aktif menjaga. Sebab, fasilitas merupakan sarana umum. Artinya, semua orang berhak menikmati. Soeko berharap fasilitas tidak dirusak. Pihaknya berupaya memenuhi fasilitas bagi masyarakat. Tidak hanya sarana olahraga. Namun, juga ruang terbuka hijau dan fasilitas umum lain.

‘’Ke depan pastinya akan terus kami perbaiki dan lengkapi,’’ pungkasnya.

Semakin lengkap dan menarik kan guys fasilitas di Kota Madiun. Kesehatan itu penting. Olahraga salah satu cara untuk menjaga tubuh agar selalu sehat. Makanya, Pemkot terus berupaya menyediakan fasilitas olaharaga agar masyarakat rajin berolahraga. Berbagai fasilitas olahraga tersedia diberbagai lapangan sejumlah kelurahan. Di antaranya, Taman Mojorejo, Manisrejo, Nambangan Kidul, dan Taman Lalu Lintas Kali Bantaran Madiun. Tujuannya sama. Agar masyarakat Kota Madiun rajin berolahraga dan sehat selalu tentunya.

Jaga terus kesehatan dengan berolahraga dan istirahat cukup. Jangan racuni tubuh dengan narkoba, miras, juga rokok. Tapi bagi kalian yang merokok, jangan beli rokok illegal ya. Rokok illegal tidak membayar cukai yang merupakan salah satu sumber pendapatan negara. Sebaliknya, membeli rokok bercukai berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat. Sebab guys, sebagian dana cukai dikembalikan kepada masyarakat. Salah satunya, untuk pembangunan. So, jadi pembeli yang bijak ya. (agi/diskominfo)