MADIUN – Bekerja di perusahaan besar dengan gaji tinggi menjadi impian banyak orang. Namun, kadang kala keberuntungan tak berpihak. Atau masih kurang memenuhi persyaratannya. Perusahaan besar kebanyakan mencari yang sudah berpengalaman. Padahal, pencari kerja kebanyakan wajah baru.

Nah, bagi masyarakat Kota Madiun yang masih menganggur dan ingin mencari pengalaman tidak ada salahnya mencari informasi di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat. Nyaris selalu ada informasi lowongan kerja (loker) baru saban harinya. Seperti lowongan di PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) ini.

Terdapat dua posisi yang ditawarkan di salah satu perusahaan Badan Umum Milik Negara (BUMN) yang berlokasi di Kota Madiun tersebut. Yakni, finance administration officer (FAO) dan account officer (AO). Seleksi bakal dilaksanakan di Kantor Disnaker Kota Madiun di Jalan Bolodewo nomor 8, Rabu (21/2) mendatang.

‘’Ada beberapa loker baik dalam negeri maupun luar negeri. Kalau yang dekat ya PNM ini,’’ kata Kepala Disnaker Kota Madiun Suyoto Harjo Wiyono, Senin (19/2).

Posisi administrasi, kata dia, secara umum bertugas membuat catatan transaksi sehari-hari perusahaan. Mempersiapkan neraca hingga pengolahan faktur. Sedang, posisi kedua lebih banyak di lapangan. Biasanya mencari nasabah. Jumlah yang dibutuhkan sekitar 50 orang. Namun, loker ini khusus untuk perempuan berusia 18 sampai 22 tahun.

‘’Untuk latar belakang pendidikan tidak harus sarjana. Tapi cukup SMA/SMK sederajat atau SMK jurusan Akuntasi untuk posisi FAO,’’ ungkapnya sembari menyebut pelaksanaan seleksi dimulai pukul 09.00.

Selain itu, pelamar wajib memiliki E-KTP dan mampu mengendarai sepeda motor serta belum menikah dan sedang tidak kuliah.

Lantas Fasilitas Apa yang Didapat?

Pelamar yang diterima bakal mendapat gaji diatas UMK/UMP juga tunjangan hari raya (THR). Jenjang karir di BUMN, tempat tinggal alias mess, makan atau sembako. Karyawan juga mendapat fasilitas kendaraan dan bensin. Selain itu, juga mendapatkan jaminan sosial. Mulai BPJS ketenagakerjaan, kesehatan, asuransi kecelakaan, dan jiwa.

‘’Lamaran bisa dikirim ke kantor kami atau datang langsung sesuai jadwal,’’ terangnya.

Jika belum cukup, lamaran bisa melalui via pesan singkat. Formatnya, nama, usia, pendidikan, domisili, dan nomor handphone aktif. Lamaran dikirim ke 08111997280.

Baca juga:   Memanfaatkan Lahan Sempit Dengan Teknik Aquaponik

Bagaimana dengan Pria?

Suyoto menyebut tidak perlu kelewat khawatir. Masih ada berbagai perusahaan lain. Salah satunya, PT. Indomarco Pristama untuk posisi pramuniaga. Perusahaan ini juga membuka bagi calon pekerja perempuan untuk posisi kasir. Ada sekitar 70 orang yang dibutuhkan.

Calon pelamar yang berminat bisa datang langsung dengan membawa lamaran ke kantor Disnaker, Selasa (6/3) mendatang. Seleksi bakal dimulai pukul 10.00. Suyoto menegaskan, segala bentuk rekrutmen dan seleksi tidak dipungut biaya alias gratis.

‘’Silahkan datang langsung sesuai jadwal. Semuanya gratis,’’ tegasnya.

Suyoto berharap banyak masyarakat Kota Madiun yang ikut. Sebab, dari sejumlah rekrutmen yang ada, pelamar luar daerah malah membanjiri.

Nah itu guys, setidaknya ada dua lowongan pekerjaan dalam waktu dekat ini. Jika kalian berminat dan memenuhi kualifikasi silahkan datang dan ikuti prosedurnya. Informasi lebih lanjut dapat kalian akses di facebook Disnakersos Kota Madiun atau Lowongan Madiun by Disnaker Kota Madiun, IG di @naker.madiunkota atau datang langsung ke kantornya di Jalan Bolodewo 8. Ada berbagai info loker menarik disana.

Bagi yang ingin berwirausaha, dinas setempat juga menggelar berbagai pelatihan. Mulai, menjahit, bordir, potong rambut, rias manten, hingga pertukangan. Semua pelatihan tidak dipungut biaya. Bahkan, mendapat makan dan uang transport. Gimana tertarik?

Tidak perlu berkecil hati bagi kalian belum mendapatkan pekerjaan. Pemerintah pastinya tidak tinggal diam. Jaga terus kesehatan dengan berperilaku hidup sehat. Jangan racuni tubuh dengan narkoba, miras, dan rokok. Bila kalian merokok, jangan beli rokok illegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai, berpita cukai palsu atau berpita cukai rokok lain.

Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dana cukai dikembalikan kepada masyarakat. Salah satunya, untuk berbagai pelatihan seperti yang digelar Disnaker tersebut. So, jadi pembeli yang bijak ya. (ws hendro, agi/diskominfo).