MADIUN – Psikotes dan interview seringkali mengemuka saat tes rekrutmen pekerjaan. Tak sedikit juga calon pekerja yang terjebak karenanya. Kedua jenis tes ini memang bisa dibilang susah-susah gampang. Seperti proses rekrutmen PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) yang berlangsung di Disnaker Kota Madiun, (21/2).

Setidaknya, 62 pelamar yang mengikuti rekrutmen wajib melewati kedua tes itu. Psikotes kali pertama rintangan yang harus dilewati peserta. Berbagai pertanyaan tertulis seputar tes wajib diselesaikan peserta dalam durasi waktu tertentu.

‘’Rekrutmen kami menggunakan sistem gugur. Artinya pelamar langsung mengetahui hasilnya hari ini juga,’’ kata Ahmad Amrullah Officer SDM PNM Cabang Madiun disela rekrutmen.

Peserta tidak perlu kelewat resah. Mengikuti psikotes wajib percaya diri dan optimis. Kepercayaan diri ini dapat memberikan sugesti positif kepada alam bawah sadar. Ini terbukti dapat membantu mengerjakan berbagai tes.

Untuk menambah tingkat kepercayaan diri, tiada salahnya banyak berlatih sebelumnya. Banyak-banyak mengerjakan soal-soal psikotes. Sebab, kebanyakan soal psikotes memiliki kemiripan kendati tidak sama persis. Tiap soal dalam psikotes baiknya dikerjakan. Sebab, biasanya tidak ada yang salah dan benar seperti soal ujian sekolah. Namun, lebih untuk mengukur kemampuan seseorang dalam hal tertentu.

‘’Jika pelamar memenuhi kualifikasi kami, berhak mengikuti tahapan interview setelah psikotes ini. Setelahnya langsung tes dilapangan di masing-masing kantor cabang,’’ jelasnya.

Tes wawancara tak kalah sulitnya. Kebanyakan terselip pertanyaan jebakan. Pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan calon pekerja paling umum muncul. Ini bisa menjadi pertanyaan sulit bagi sebagian pencari kerja. Jawaban atas pertanyaan kelebihan ini baiknya selalu mengaitkan dengan pekerjaan yang dilamar. Setidaknya sedikit menyakinkan pihak perusahaan bahwa anda orang yang tepat.

Sebaliknya jika mengenai kekurangan, baiknya menjawab secara otentik. Jawaban otentik membuat anda dipercaya. Ketika berbohong, biasanya akan membutuhkan jawaban penambal. Sebab, penguji bakal memberikan pertanyaan lanjutan atas jawaban yang diberikan. Selain itu, pastikan kelemahan yang disebutkan tidak berdampak buruk pada perusahaan.

‘’Pelamar yang diterima akan mendapatkan gaji diatas UMK, kendaraan, mess, dan jaminan sosial serta jenjang karir,’’ ungkapnya sembari menyebut butuh sekitar 100 karyawan.

Baca juga:   Hujan Lebat Sambut Natal dan Tahun Baru

Pejabat Fungsional Pengantar Kerja Disnaker Kota Madiun Hengky Wahyu Setyo Wibowo menyebut bakal ada beberapa rekrutmen lain ke depan. Pelamar yang belum diterima tidak perlu kelewat resah. Terdekat, PT Indomarco Pristama dan BTPN Syariah di Maret nanti. Keduanya juga bakal menggelar rekrutmen langsung alias walk in interview.

‘’Kami nanti juga ada job fair bekerja sama dengan disnaker provinsi sekitar April di kantor Bakorwil,’’ terangnya.
Hengky menyebut masyarakat yang berminat dan memenuhi syarat bisa langsung datang sesuai jadwal. Segala macam rekrutmen tidak dipungut biasa alias gratis. Bahkan, pihaknya turut memantau jika sudah bekerja. Sebab, pihaknya terus berkomunikasi dengan perusahaan yang menggelar rekrutmen di Disnaker. Setiap permasalahan yang ada bisa langsung ditindaklanjuti.

‘’Banyak informasi loker yang kami posting dalam media sosial dan brosur di papan pengumuman. Atau bisa datang langsung ke kantor,’’ ujarnya sembari menyebut informasi dapat diakses di facebook Disnakersos Kota Madiun atau Lowongan Madiun by Disnaker Kota Madiun, IG di @naker.madiunkota.

Pihaknya juga melaksanakan pelatihan. Mulai, menjahit, bordir, potong rambut, rias manten, hingga pertukangan. Tahapan masih pendaftaran. Masyarakat yang berminat diharap segera mendaftar. Apalagi, semua pelatihan tidak dipungut biaya. Bahkan, mendapat makan dan uang transport.

‘’Prinsipnya pemerintah pastinya mengupayakan yang terbaik bagi masyarakatnya. Ini merupakan salah satu upaya mewujudkan itu,’’ pungkasnya.

Nah itu guys, tidak perlu berkecil hati bagi kalian belum mendapatkan pekerjaan. Pemerintah pastinya tidak tinggal diam. Jaga terus kesehatan dengan berperilaku hidup sehat. Jangan racuni tubuh dengan narkoba, miras, dan rokok. Bila kalian merokok, jangan beli rokok illegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai, berpita cukai palsu atau berpita cukai rokok lain.

Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dana cukai dikembalikan kepada masyarakat. Salah satunya, untuk berbagai pelatihan seperti yang digelar Disnaker tersebut. So, jadi pembeli yang bijak ya. (ws hendro, agi/diskominfo).