Jalur Ngawi Belum Klir, Berikut Perjalanan Kereta yang Dibatalkan

Di Posting Oleh madiuntoday

7 April 2018

MADIUN – Kecelakaan kereta api (KA) Sancaka dengan truk trailer di perlintasan liar petak jalan Stasiun Kedungbanteng-Walikukun, Jumat (6/4/2018) petang berdampak pada sejumlah pemberangkatan dan kedatangan kereta. Tak ayal, Stasiun Madiun tampak padat hari ini, Sabtu (7/4/2018). Bukan hanya antrian pembelian tiket baru. Namun, juga pembatalan tiket sejumlah kereta yang melintasi jalur Ngawi.

Di antaranya, KA Sancaka (Surabaya-Jogja), KA Sri Tanjung (Lempuyangan-Banyuwangi), KA Malioboro Expres (Jogjakarta-Malang) dan arah sebaliknya, KA Argowilis (Surabaya-Bandung), KA Logawa (Purwokerto-Jember), KA Singasari (Blitar-Pasar Senen), KA Pasundan (Surabaya-Kiaracondong), KA Ranggajati (Cirebon-Jember), KA Logawa (Jember-Purwokerto), dan KA Gaya Baru (Surabaya-Pasar Senen).

Penumpang yang telah memesan maupun membeli tiket kereta api sejumlah jurusan tersebut diminta untuk melakukan pembatalan. Tak heran, layanan customer service Stasiun Madiun tampak ramai. Hingga pukul 10,00, loket antrian sudah mencapai angka 150 lebih.

Namun, calon penumpang tak perlu khawatir. Pihak stasiun mengembalikan bea tiket 100 persen. Pembatalan dapat menghubungi petugas loket atau dilakukan di stasiun online terdekat. Batas pengembalian bea mulai hari ini hingga tiga hari ke depan.

Penumpang yang hendak ke tempat tujuan masing-masing dapat membeli tiket kereta api lain yang melalui jalur utara. Pantauan madiuntoday, sejumlah penumpang memilih menggunakan bus atau kendaraan lain. Namun, mereka dengan tujuan jauh memilih kereta lain.

Seperti diberitakan, kereta api Sancaka mengalami kecelakaan, Jumat petang. Hingga saat ini, PT KAI masih berupaya memperbaiki rel yang rusak akibat kecelakaan. Juga, mengevakuasi bangkai lokomotif yang terguling merintangi jalan rel. Pengerjaan dimungkinan dua hari.

Kecelakaan antara KA relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng dengan truk trailer itu mengakibatkan KA anjlok dan lokomotif terguling. Masinis KA Mustofa meninggal di lokasi kejadian. Sementara Asisten Masinis Hendra Wahyudi dan tiga penumpang lainnya langsung dilarikan ke rumah sakit Attin Husada Ngawi karena mengalami luka-luka. Sementara itu, penumpang selamat dievakuasi menggunakan bus ke tujuan.

PT KAI sangat menyesalkan atas kejadian tersebut. Jajaran direksi menyampaikan duka yang mendalam atas insiden itu. Hingga saat ini sopir truk trailer belum diketahui keberadaannya. PT KAI berupaya akan secepatnya menormalkan kondisi jalur agar bisa segera dilewati perjalanan KA.

Tetap hati-hati saat berkendara dan selalu prioritaskan keselamatan. Jaga ketertiban dengan selalu mematuhi aturan. Patuhi juga aturan cukai. Terdapat tiga barang wajib cukai yang beredar di tanah air. Mulai hasil tembakau seperti rokok, etil alkohol, serta minuman mengandung etil alkohol. Segera laporan jika mendapati barang wajib cukai yang tidak membayar sesuai ketentuan. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat. (agi)

Artikel Terkait

Sensus Penduduk Online Diperpanjang Hingga 29 Mei 2020

Sensus Penduduk Online Diperpanjang Hingga 29 Mei 2020

MADIUN – Sensus penduduk online yang sejatinya ditutup pada 31 Maret 2020 pukul 00:00 resmi diundur. Badan Pusat Statistik (BPS) memutuskan bahwa sensus penduduk online masih dapat diakses hingga 29 Mei 2020. Pengunduran penutupan SP online ini berdasarkan SK Kepala...

Don`t copy text!