MADIUN – Unik lagi menarik. Begitu ungkapan gelaran Madiun Motor Test 2018. Bagaimana tidak, acara yang digelar Pemkot Madiun melalui Diskominfo itu diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah. Beragam mobil dan motor andalan masing-masing terpajang apik di halaman sun city mall, tempat acara, Sabtu (12/5/2018).

Bukan hanya adu apik. Namun, juga beradu unik demi menarik hati pengunjung. Sebab, kontes motor custom kali ini sengaja dikemas berbeda. Dewan juri berdasar pilihan pengunjung. Caranya, dengan memasukkan kupon voting ke dalam kotak di masing-masing kendaraan.

Kupon didapat dengan cara membeli merchandise yang ada pada stan. Terdapat sepuluh stan dengan beragam produk. Tenang, stan tak menjual produk terkait otomatis saja. Mulai baju, produk babershop, stiker, dan lain sebagainya. Pengunjung dapat satu kupon tiap pembelian Rp 10 ribu dan berlaku kelipatannya. Kupon bebas dimasukkan kedalam kotak kendaraan yang disukai.

“Acara memang lebih sebagai ajang berkumpul penggemar otomotif. Makanya di konsep fun dengan melibatkan pengunjung atau masyarakat, ” kata Kasi Layanan Aplikasi dan Tata Kelola Pemerintah Elektronik Diskominfo Kota Madiun Noor Aflah, Sabtu (11/5/2018).

Baca juga:   Dirgahayu Republik Indonesia ke-73

Pengunjung dipastikan kesulitan menentukan pilihan. Sebab, kendaraan tidak hanya terpoles sedemikian rupa agar tampil cantik. Sejumlah kendaraan sengaja dibuat apa adanya. Dicatpun tidak. Mengandalkan bodi asli. Berupa besi berbalut korosi. Sejumlah ornamen pendukung ditambahkan sebagai dekorasi. Mulai kotak kayu bekas hingga jerami. Tak heran, malah terlihat unik. Belum lagi sejumlah motor dan mobil custom yang lain. Tentunya sayang untuk dilewatkan.

“Event ini akan dipatenkan sebagai event rutin tahunan. Tentu dengan konsep yang berbeda,” ujarnya sembari menyebut hadiah total Rp 10 juta untuk motor dan mobil terfavorit pilihan pengunjung.

Event juga dimeriahkan berbagai game seru dan live music. Acara digelar hingga pukul 21.00 nanti. Masyarakat dipersilahkan datang. Sebab, berbagai hiburan menanti. Acara dibiayai dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBH CHT). Selalu taati aturan cukai. Dana cukai merupakan salah satu pemasukkan negara. Sebagian dananya dikembalikan untuk masyarakat. Salah satunya, dengan event seperti ini. (ws hendro/agi/diskominfo).