Libatkan 300 Personil, Ops Ketupat Semeru Siap Amankan Lebaran

Di Posting Oleh madiuntoday

6 Juni 2018

MADIUN – Perayaan lebaran di Kota Madiun diprediksi bakal kondusif. Setidaknya 300 personil polisi disiagakan selama perayaan dan libur lebaran nanti. Jika itu belum cukup masih ada petugas dari TNI, Satpol PP, hingga relawan dari Praja Muda Karana (Pramuka). Belum lagi petugas kesehatan dari Dinkes dan PMI yang juga bakal standby jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Kesiapan itu bukan sekedar isapan jempol. Namun, mengemuka saat Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Semeru 2018 di halaman Polres Madiun Kota, Rabu (6/6/2018).

‘’Petugas dari kami sebanyak 300 personil. Itu belum termasuk dari instansi lain dan relawan. Prinsipnya kami sudah siap mengamankan perayaan dan libur lebaran tahun ini,’’ kata Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu usai apel.

Selain itu, pihak pihaknya juga menyiapkan lima pos pengamanan dan dua pos pelayanan. Titiknya menyebar. Mulai kawasan Alun-alun, Jalan Pahlwan, Pasar Besar Madiun (PBM), dan kawasan Mall Sun City dan Terminal.

Pengaman, kata dia, beragam. Petugas bakal bergantian berpatroli keliling selain standby di pos. Pengamanan keliling dilakukan siang-malam. Pihaknya juga menyiapkan personil yang khusus melakukan pengawasan dilingkungan perumahan. Ini penting mengingat terdapat masyarakat yang mudik. Artinya, dipastikan bakal ada rumah yang ditinggal kosong. Ini tentu menjadi sasaran empuk pencuri. Pengawasan harus lebih ditingkatkan.

‘’Ada beberapa pola pengamanan yang kami siapkan. Juga ada petugas dengan berpakaian preman,’’ terangnya.

Terkait arus lalu lintas, kapolres tak membantah terdapat sejumlah titik rawan kemacetan di Kota Madiun. Mulai perlintasan rel kereta api, jalan penghubung antar daerah seperti Jalan MH Thamrin dan sejumlah titik lain. Masyarakat tidak perlu kelewat resah. Pola pengurai kemacetan hingga perubahan arus lalu lintas disiapkan.

‘’Kepada pengendara diharap untuk tertib dan selalu menaati aturan. Ini penting agar tidak semakin memperparah kondisi kemacetan saat arus lalu lintas dalam puncak kepadatan nanti,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Jaga terus ketertiban dengan selalu mematuhi aturan. Selalu jaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.

Artikel Terkait

Don`t copy text!