Pendaftaran bisa dilakukan lewat web ppdbjatim.net (dhevit - madiuntoday)

MADIUN – Proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK 2018 telah memasuki separo jalan. Senin (25/6), pendaftaran online melalui situs ppdbjatim.net mulai dibuka. Para pendaftar sudah bisa memasukkan sekolah pilihannya.

Mekanisme pendaftaran tak jauh berbeda dengan tahun lalu. Setelah membuka situs ppdbjatim.net, peserta memilih kota tujuannya terlebih dahulu. Misalnya, yang dipilih adalah Kota Madiun. Selanjutnya, klik menu pendaftaran. ‘’Kalau sudah, masukkan nomor UN dan PIN yang sudah di dapat,’’ tutur Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Madiun Kresna Herlambang.

Setelah berhasil login, peserta bisa memilih sekolah tujuan. Calon siswa baru boleh memilih dua sekolah sekaligus. Karena semua SMA/SMK di Kota Madiun masuk dalam satu zona, maka pendaftar bisa memilih sekolah mana saja.

Kresna mengimbau kepada para calon peserta didik baru untuk mempertimbangkan pilihannya secara matang. Selain memilih sekolah yang sesuai dengan nilai, juga disesuaikan dengan bakat dan minatnya. ‘’Jangan memilih karena ikut-ikutan teman,’’ tegasnya.

Pertimbangan yang matang perlu dilakukan. Sebab, lanjut Kresna, pendaftaran hanya bisa dilakukan sekali saja. Setelah memilih, peserta tidak dapat mencabut berkas dan menggantinya dengan sekolah lain.

Baca juga:   140 Pelajar Kota Madiun Songsong Olimpiade Sains Nasional Matematika-IPA

Bagi peserta PPDB yang memilih SMK sebagai tujuan, ada persyaratan tambahan yang harus dipenuhi. Antara lain, memiliki kemampuan sesuai dengan ketentuan spesifik bidang atau program keahlian pada sekolah yang dituju.

Selain itu, calon peserta didik baru untuk bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak boleh buta warna. Terkait dua ketentuan tersebut, calon peserta didik baru yang nantinya diterima wajib mengikuti tes tambahan.

Setelah yakin, calon peserta didik baru bisa memilih sekolah yang akan dituju. Kemudian, mencetak bukti pendaftaran dan menunggu hasil pengumuman melalui web ppdbjatim.net pada 29 Juni. ‘’Daftar ulang dilaksanakan pada 29-30 Juni dan hari pertama masuk sekolah 16 Juli,’’ imbuhnya. (Dhevit, irs/madiuntoday)

Bagi para peserta PPDB SMA/SMK 2018, segera tentukan pilihan untuk mendaftar secara online 25 Juni mendatang. Sebelum itu, kalian bisa melakukan simulasi atau latihan pendaftaran pada web ppdbjatim.net. Selalu perhatikan ketentuan dan syarat-syarat yang diperlukan.

Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.