Proses pemeriksaan buta warna. (dhevit - madiuntoday)

MADIUN – Rekrutmen pegawai untuk memenuhi formasi di Divisi Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (JABODEBEK) terus berlanjut. Peserta yang lolos seleksi administrasi mengikuti tes tahap kedua. Yakni, tes kesehatan awal.

PT KAI (Persero) DAOP 7 Madiun melaksanakan tes tersebut di Klinik Mediska Jalan Yos Sudarso, Senin (9/7). Sebanyak 312 peserta lolos dan mengikuti kegiatan itu. Proses registrasi untuk tes tahap II mulai pukul 07.00-11.00.

Manajer Humas DAOP 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko menuturkan, seleksi kesehatan awal ini merupakan lanjutan dari tes tahap pertama. Sebelumnya, para peserta telah mendaftarkan diri melalui website resmi KAI yang dibuka 17-23 Mei lalu. ‘’Setelah itu diumumkan yang lolos seleksi administrasi melalui website juga,’’ terangnya.

Ixfan menjelaskan, seluruh tahapan tes diumumkan melalui website. Artinya, tidak ada contact person atau tatap muka dengan panitia penerimaan tersebut.

Pelaksanaan rekrutmen divisi LRT JABODEBEK dilakukan dengan sistem gugur. Peserta yang tidak sesuai kriteria atau tidak memenuhi panggilan tes otomatis tereliminasi.

Baca juga:   Lewat Batu Cadas, BPS Kota Karismatik Ajak Masyarakat Kenali Data Statistik

Setelah tes kesehatan awal, masih ada tiga tahapan lagi yang harus dilalui peserta sebelum resmi menjadi anggota divisi LRT. Yakni, tes psikologi, wawancara, dan seleksi kesehatan akhir. ‘’Tidak ada pungutan biaya sekecil apapun,’’ tegasnya.

Lebih lanjut, Ixfan mengingatkan, jika ada oknum yang menawarkan kelulusan, maka jangan dipercaya. ‘’Saya pertegas, itu bohong atau hoax,’’ ucapnya. Jika ada peserta yang menemukan oknum tersebut, maka Ixfan memintanya untuk segera melaporkan kepada panitia.

Ixfan berharap, proses seleksi formasi divisi LRT JABODEBEK dapat berjalan lancar tanpa ada gangguan seperti kecurangan yang dilakukan oknum tertentu maupun peserta. Sehingga, yang diterima nanti benar-benar orang yang memiliki integritas dan kompeten. ‘’Demi kebaikan dan kemajuan perkeretaapian,’’ tandasnya. (irs, foto : Humas DAOP 7 Madiun/madiuntoday)

Selalu patuhi aturan dan menjaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.