Giliran Kategori Berpasangan dan Perseorangan Putri Tampil Malam Nanti

Di Posting Oleh madiuntoday

26 Juli 2018

MADIUN – Kejuaraan Walikota Cup Festival Seni Pencak Silat Nusantara resmi dimulai, Rabu (25/7/2018) malam. Festival rangkaian Hari Jadi ke-100 Kota Madiun tersebut bakal berlangsung hingga, Jumat (27/7/2018) besok. Berbagai sajian menarik pendekar-pendekar berbakat dari sejumlah daerah pantang untuk dilewatkan. Termasuk malam nanti. Tidak hanya penampilan secara beregu seperti kemarin, nanti malam bakal tersaji penampilan berpasangan dan perseorangan putri.

‘’Nanti malam sedikit berbeda. Akan didominasi penampilan berpasangan dan tunggal putri,’’ kata Kasi Keolahragaan Disbudparpora Kota Madiun Gamal Arvan Arvandie, Kamis (26/7/2018).

Kendati berpasangan, peserta bukan hendak bertanding. Namun, tetap berkonsep seni. Seperti gelaran hari pertama, seni yang ditampilkan terkonsep seperti fragmen. Peserta seperti memainkan cerita. Namun, tetap menonjolkan seni pencak silatnya. Mulai adegan berlatih hingga pertempuran. Peserta memperagakan seni pencak silat secara tangan kosong hingga menggunakan senjata.

Penampilan semakin apik dengan tata cahaya, dan musik. Gamal menyebut peserta yang membawa pengrawit bakal memberikan nilai tambah. Sedang mereka yang menggunakan latar musik rekaman bakal mendapat pengurangan nilai. Tata musik memang salah satu kategori penilaian tersendiri.

Terdapat 20 utusan dan perguruan se-Jawa Timur yang turut dalam festival. Terdiri dari 225 atlet dengan 137 atlet putra dan 88 atlet putri. Peserta dari berbagai daerah. Di antaranya, Malang, Ponorogo, Ngawi, Magetan, Nganjuk, dan tentu saja Kota dan Kabupaten Madiun.

Gamal menyebut ada dua kategori dan tujuh predikat yang dinilai. Yakni, kategori penampilan terbaik perseorangan putra dan putri serta kategori penampilan berpasangan putra dan putri. Terdapat juara satu sampai enam masing-masing kategori. Sedang untuk kategori beregu terdapat predikat koreografer terbaik, pemeran putra dan putri terbaik, penata artistik terbaik, penata musik terbaik, busana terbaik, dan penyaji terbaik.

‘’Peserta yang paling banyak mendapat juara secara otomatis menjadi juara umum dan berhak mendapat piala bergilir,’’ ujarnya.

Penampilan malam nanti tentu saja sayang untuk dilewatkan. Masyarakat dapat melihat langsung festival di Gor Wilis Kota Madiun mulai pukul 18.00. Festival terbuka untuk umum alias gratis. Bagi yang ketinggalan penampilan pembukaan tadi malam, dapat melihat videonya di funpage facebook Pemerintah Kota Madiun. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Jaga selalu ketertiban dengan selalu mematuhi aturan. Jaga juga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.

Artikel Terkait

Thamrin Jadi Satu Arah, Ini Skema Pengalihan Arus Jalan di Kota Madiun

Thamrin Jadi Satu Arah, Ini Skema Pengalihan Arus Jalan di Kota Madiun

MADIUN – Penyesuaian akses lalu lintas di Kota Madiun terus dilakukan. Rapat koordinasi (Rakor) terkait akses lalu lintas dari dan ke Kota Pendekar kembali digelar, Sabtu (4/4). Bertempat di Dinas Perhubungan Kota Madiun, Rakor menghasilkan sejumlah kebijakan baru....

Don`t copy text!