Embun upas di Dataran Tinggi Dieng menjadi daya tarik wisatawan. (wshendro - madiuntoday)

BANJARNEGARA – Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melihat salju. Di Indonesia pun, butiran es berwarna putih itu dapat ditemukan. Salah satunya di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Fenomena alam yang disebut embun upas oleh warga sekitar itu telah terjadi sejak awal Juli lalu. Namun, hingga saat inipun masyarakat masih dapat melihatnya.

3-5 Agustus lalu, tim Madiuntoday berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng untuk melihat fenomena es beku. Benar saja, embun upas dapat dilihat dengan mudah. Hamparan rumput dan tumbuh-tumbuhan di lokasi itu tertutup oleh butiran es yang lembut.

Dengan cuaca ekstrem itu, otomatis tumbuh-tumbuhan di dataran tinggi tersebut mati. Namun, fenomena embun upas seolah menutupi hal itu. Bahkan, menjadi daya tarik lebih bagi wisatawan.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya wisatawan yang datang ke Dieng pada saat yang sama. Selain ingin menyaksikan Dieng Culture Festival, tak sedikit pengunjung yang datang karena penasaran dengan fenomena es.

Baca juga:   Tak Perlu Berlama Orasi, Wakil Rakyat Langsung Terima untuk Mediasi

Kepala Bidang Kelembagaan dan SDM Pariwisata Banjarnegara Umar Hinayulianto mengungkapkan, kenaikan jumlah wisatawan mencapai 10 persen. ‘’Wisatawan penasaran dengan fenomena embun es yang viral di media sosial,’’ ungkapnya dilansir dari Kompas.com.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Banjar Negara Setyoajie Parayudhi menuturkan bahwa puncak musim kemarau terjadi pada Juli dan Agustus. Pada saat itu, angin membawa hawa dingin dan kering dari Australia. Hal tersebut membuat beberapa dataran tinggi di Indonesia mengalami penurunan suhu ekstrem. ‘’Suhu ekstrem hingga 5 derajat celcius pada dini hari,’’ tuturnya.

Pada musim kemarau, peluang terjadinya hujan sangat kecil. Karena tidak banyak tutupan awan yang berpotensi hujan. Energi panas matahari yang terpantul dari bumi langsung hilang ke atmosfer. Kondisi ini terjadi secara terus-menerus hingga udara semakin dingin dan menyebabkan uap air membeku.

Dengan demikian, tak heran jika kondisi cuaca di Dataran Tinggi Dieng saat ini sangat dingin. Perlu persiapan khusus untuk dapat berkunjung dengan nyaman. Salah satunya dengan menyiapkan baju hangat dan jaket tebal. Juga, penutup kepala, sarung tangan, masker, dan kaus kaki. Karena, sewaktu-waktu suhu bisa turun di bawah 0 derajat celcius. (WS Hendro, irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.