Tarif promo berlaku sama untuk kereta jarak jauh dan menengah semua kelas. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN – Memperingati Kemerdekaan RI dapat dilakukan dengan beragam cara. Termudah, dengan memberikan yang terbaik sesuai bidangnya. Seperti yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun ini. Perusahaan jasa transportasi itu memberikan harga spesial bagi pengguna.

‘’Ada promo bagi masyarakat yang menggunakan jasa kereta api di seluruh tanah air. Masyarakat cukup membayar tiket dengan harga Rp 73 ribu sesuai usia kemerdekaan RI,’’ kata Manager Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko, Jumat (10/8/2018).

Tarif berlaku sama untuk kereta jarak jauh dan menengah semua kelas. Mulai ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Namun, masyarakat kudu adu cepat bagi yang ingin mendapatkan harga spesial tersebut. Sebab, hanya ada beberapa tempat duduk yang disiapkan untuk promo merdeka ini.

Ada tiga kereta yang berangkat dari Stasiun Madiun. Yakni, KA Singasari relasi Blitar-Pasarsenen kelas Ekonomi sebanyak 17 tempat duduk, KA Malioboro Ekspres relasi Yogyakarta-Malang Kelas Ekskutif sebanyak 10 seat, dan kereta serupa untuk kelas Ekonomi sebanyak 17 tempat duduk. Promo, kata dia, hanya untuk keberangkatan tanggal 13, 14, 15, 27, 28, 29, dan 30 Agustus 2018. Tiket dapat dipesan, Minggu (12/8) mulai pukul 00.01 WIB.

“Ini sebagai bentuk peringatan HUT Kemerdekaan sekaligus mendekatkan masyarakat akan jasa transportasi kereta api,” terangnya.

Namun secara nasional PT.KAI (Persero) menyediakan total 11.956 seat, tersebar di 20 KA pada wilayah kerja Sumatera-Jawa. Yakni, KA Argo Anggrek, KA Purwojaya, KA Cirebon Express, KA Argojati, KA Tegal Bahari, KA Argo Sindoro, Argo Lawu, KA Harina, KA Lodaya, KA Ciremai, KA Singasari, KA Gumarang, KA Tawangjaya, KA Fajar Utama Yogya, KA Sawunggalih, KA Malioboro Express, KA Mutuiara Timur, (Wilayah kerja Jawa), dan KA Sindang Marga, KA Srwijaya, dan KA Sribilah (Wilayah kerja Sumatera).

Baca juga:   Polsek Taman Cokok Pelaku Curanmor Berbekal Rekaman CCTV

“Pemesanan hanya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Promo ini tidak kami buka untuk pemesanan secara langsung,” imbuhnya.

Selain itu, pemesanan tiket promo dapat dilayani selama tempat duduk masih tersedia. Tarif promo juga tidak berlaku parsial. Artinya, tidak berlaku secara keseluruhan. Hanya untuk item tertentu. Ixfan menambahkan, tarif promo tidak dapat digabung dengan diskon lainnya. Pun, dapat dibatalkan dan diubah jadwal.

“Program promo ini merupakan bentuk apresiasi KAI terhadap pelanggan setia kereta api. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan promo tersebut untuk bepergian menggunakan moda transportasi KA,” pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Selalu patuhi aturan dan jaga kesehatan dengan tidak mengkonsumsi narkoba, miras, dan rokok ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.