Tambah Lampu dan Lampion, Malam di Kota Karismatik Makin Cantik

Di Posting Oleh madiuntoday

23 Agustus 2018

MADIUN – Pemandangan Alun-alun Kota Madiun dikala malam kian indah kini. Berbagai instrument cantik ditambahkan. Teranyar, berbagai lampu hias dan lampion menjadi penghuni baru lapangan besar di tengah kota itu. Tak heran, kawasan publik itu menambah cantik kota karismatik.

‘’Kawasan Alun-alun terutama yang sisi selatan sedikit gelap kalau malam. Penambahan ini biar kelihatan beda,’’ kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Madiun Soeko Dwi Handiarto, Kamis (23/8/2018).

Ada seratusan lampion di Alun-alun. Berjajar rapi dilangit-langit. Lampion beraneka warna itu terlihat ramai. Pas untuk tempat berswafoto. Soeko menambahkan, lampion sejatinya pemanis Jalan Pahlawan depan Balaikota saat perayaan Hari Jadi lalu. Lampion sengaja dipindahkan ke Alun-alun sebagian. Ratusan lainnya disebar ke kantor kelurahan dan kecamatan. Sedang, di depan Balaikota digantikan dengan lampion baru bermotif merah putih. Itu disesuaikan dengan momentum HUT Kemerdekaan.

‘’Lampion dan pernak-pernik lampu tengah menjadi tren saat ini. Bukan hanya menambah penerangan. Tetapi juga mempercantik pemandangan,’’ terangnya sembari menyebut bentuk lampion bakal terus berubah ke depan.

Selain itu, terdapat lampu red green blue (RGB) di kaki-kaki dome kawasan Alun-alun. Dome yang terkesan gelap itu berubah menjadi arena penuh warna kala malam. Lampu, lanjutnya, bakal semakin menarik dengan penambahan kontrol otomatis. Artinya, nyala lampu tidak monoton. Namun, nyala lampu dapat diatur sedemikian rupa seperti menari.

‘’Sedang kami usulkan dalam PAK ini. Prinsipnya agar wajah Alun-alun semakin menarik,’’ ungkapnya.

Pihaknya juga memperkuat karakter pohon lampu di Alun-alun. Dari yang hanya satu dua lampu, menjadi lima sampai enam kini. Artinya, semakin terang dan ramai. Beberapa lampu pohon sawit juga ditambahkan lampu sorot. Namun, ada beberapa lampu sorot yang dipindahkan setelah adanya penambahan lampu lain. Lampu sorot dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) dan Taman Hutan Tawangrejo.

‘’Kami juga melakukan pembenahan paving di Taman Ngegong. Harapannya, masyarakat yang berolahraga semakin nyaman,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dan patuhi aturan. Patuhi juga aturan cukai ilegal. Mulai rokok polos alias tanpa pita cukai atau berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Dengan membayar cukai sesuai aturan berarti turut berkontribusi pada negara dan masyarakat.

Artikel Terkait

Don`t copy text!