Wajah embung, sudah mulai tampak. Pemasangan sitpel sudah selesai. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN – Pembangunan Embung Pilangbango diprediksi lebih cepat dari jadwal. Bagaimana tidak, pembangunan embung sudah mencapai 67 persen kini. Padahal, pembangunan sampai bulan ini ditargetkan hanya 57 persen. Artinya, pembangunan embung yang sempat mandek itu sepuluh persen lebih cepat.

‘’Progresnya bagus. Surplus malahan. Kami prediksi pengerjaan lebih cepat dari jadwal,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Madiun Suwarno, Kamis (13/9/2018).

Wajah embung, kata dia, sudah mulai tampak. Pemasangan sitpel sudah selesai. Ini merupakan pekerjaan terbesar. Sebab, sitpel melingkar di sisi embung sebagai pembatas. Pengerjaan memang lebih cepat dengan menggunakan sitpel. Sebab, tidak lagi cor ditempat. Bahan beton dari pabrikan tersebut tinggal ditancapkan. Tidak perlu adukan atau menunggu kering terlebih dahulu. Sitpel juga terjamin kualitasnya. Pabrik pastinya sudah melakukan uji mutu. Pihaknya tinggal minta ganti jika sitpel tidak sesuai spesifikasi.

‘’Pembatas merupakan bagian utama embung. Kalau ini sudah selesai, selanjutnya tinggal pekerjaan kecilnya,’’ terang Suwarno.

Pihaknya saat ini tengah mengerjakan bagian taman yang melingkari embung. Mulai pemasangan paving dan pembuatan gazebo. Embung memang dikonsep multiguna. Bukan hanya sebagai areal resapan air, embung juga berfungsi sebagai sarana hiburan. Tak heran, taman dengan fasilitasnya ditambah. Embung juga sudah digunakan sebagai pengairan. Warga yang memiliki lahan pertanian di sekitar embung mengambil airnya untuk pengairan. Namun, bukan ditambahkan pintu air. Warga harus menyedotnya.

Baca juga:   Hari H Pemilu, Dispendukcapil Tetap Layani Pengajuan e-KTP

‘’Embung tahun ini selesai. Target kami sebelum Desember sudah klir semua,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)


Selalu jaga kesehatan dan jauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

Share and Enjoy !

Shares