Dengan mempelajarinya, diharapkan dapat meningkatkan kebanggaan para siswa terhadap Negaranya. (dok - madiuntoday)

MADIUN – Ada beragam cara dilakukan untuk dapat meningkatkan semangat patriotisme terhadap anak-anak. Salah satunya, dengan mengenalkan berbagai alat utama sistem senjata (alutsista) yang dimiliki negara. Seperti yang dilakukan oleh SMPN 1 Madiun di Lanud Iswahjudi.

Dalam kunjungan tersebut, 160 siswa diajak berkeliling di Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi. Tak hanya menerima pengarahan, para siswa juga mendapatkan kesempatan untuk naik di atas cockpit pesawat T-50i Golden Eagle.

Pesawat tempur menjadi salah satu andalan alutsista milik Negara untuk mempertahankan kedaulatan. Dengan mempelajarinya, diharapkan dapat meningkatkan kebanggaan para siswa terhadap Negaranya. Kemudian, membangkitkan nasionalisme dalam diri mereka.

Kunjungan para siswa dari SMPN 1 Madiun itu mendapat apresiasi dari Komandan Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi Letkol Pnb Hendra Supriyadi. Dengan sabar, dia menjawab pertanyaan dari anak-anak yang penasaran. Mulai dari tugas pokok TNI AU hingga tata cara menjadi penerbang.

Baca juga:   Ternyata Makin Banyak Masyarakat Kota Madiun yang Sejahtera

‘’Kalau ingin jadi penerbang, syaratnya harus giat belajar, kerja keras pantang menyerah, berdedikasi tinggi, selalu menjaga kesehatan, serta rajin ibadah,’’ tutur Hendra. Tak hanya memotivasi, penerbang berjuluk Saber ini juga memberikan hadiah stiker pesawat dari Skadron Udara 15 bagi peserta yang bertanya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Madiun Djoko Djohar Pribadi yang turut mendampingi siswa-siswinya dalam kunjungan tersebut menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat anak didiknya. ‘’Mereka adalah calon pemimpin negeri ini,’’ ujarnya.

Sebagai pendidik, pihak sekolah memiliki tanggung jawab memberikan semangat kepada murid-murid. Sehingga, mereka akan semakin merasa memiliki negeri yang indah ini. ‘’Dengan pasukan yang kuat, mereka memiliki patriotisme yang tinggi bahwa NKRI harga mati,’’ tegasnya. (dok/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dan jauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.