Terbukti Pungli, ASN Bisa Dicopot Jabatannya

Di Posting Oleh madiuntoday

20 September 2018

MADIUN – Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki kewajiban melayani masyarakat tanpa pamrih. Namun, ulah oknum tak bertanggung jawab dapat mencoreng nama instansi. Salah satunya, dengan meminta imbalan yang bukan haknya kepada masyarakat.

Pungutan liar (pungli) memang masih menjadi hal yang terus diwaspadai oleh pemerintah. Begitu pula, Pemkot Madiun. Tak dapat dipungkiri, sejumlah instansi memang cukup rawan terhadap praktek pungutan liar. Seperti, bagian perizinan, bantuan sosial, kepegawaian, pendidikan, hingga pengadaan barang dan jasa.

‘’Kami tidak ingin hal itu terjadi di lingkungan Pemkot Madiun. Karenanya, kami mengadakan sosialisasi ke ASN,’’ tutur Pj. Sekda Kota Madiun Rusdiyanto di Gedung Diklat Kota Madiun.

Dalam kesempatan itu, Rusdiyanto mengungkapkan bahwa sanksi yang akan diterima ASN sangat berat jika terbukti melakukan pungli. Yakni, dicopot dari jabatannya dan diberhentikan secara tidak hormat. ‘’Kasihan sekali, tapi memang itu konsekuensinya,’’ terang Rusdiyanto.

Karena itu, Rusdiyanto mengimbau kepada ASN untuk senantiasa melakukan tugas dan kewajibannya sesuai aturan. Jangan sampai terlibat dalam kasus pungli.

Menurut Rusdiyanto, hasil pungli tidak seberapa. Namun, dampak yang ditimbulkan sangat besar bagi pelaku. Karenanya, jangan sampai seorang ASN melakukan tindakan itu. ‘’Pungli ini merusak kehidupan berbangsa dan bernegara,’’ tegasnya.

Sanksi yang diterapkan itu memang tidak main-main. Sebelumnya, Tim Saber Pungli Kota Madiun berhasil meringkus seorang oknum ASN yang melakukan pungli. Setelah melalui persidangan tindak pidana korupsi, pelaku terbukti bersalah. ‘’Saat ini sudah dicopot jabatannya dan diberhentikan secara tidak hormat,’’ ungkapnya.

Rusdiyanto berharap, ASN benar-benar memahami bahaya tindakan pungli. Tak hanya untuk diri ASN sendiri. Tetapi juga, masyarakat dan kota secara umum. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dan jauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

 

Artikel Terkait

Kemenhub Susun Draft Regulasi Keamanan Sepeda

Kemenhub Susun Draft Regulasi Keamanan Sepeda

Atur Teknis Hingga Fasilitas Pendukungnya JAKARTA - Kementerian Perhubungan semakin serius dalam merancang regulasi untuk pengguna sepeda. Hal ini dilakukan menyusul meningkatnya jumlah penikmat kendaraan roda dua tersebut di tengah pandemi Covid-19. Direktur Jenderal...

Pemkot Madiun Siapkan Protokol Kesehatan Bus Wisata Mabour

Pemkot Madiun Siapkan Protokol Kesehatan Bus Wisata Mabour

MADIUN – Kedatangan transportasi wisata Madiun Bus On Tour atau Mabour telah menyita perhatian masyarakat. Namun, hingga kini Pemerintah Kota Madiun belum menetapkan perilisan bus wisata tersebut bagi masyarakat umum. Meski begitu, protokol kesehatan untuk mengamankan...

Don`t copy text!