MADIUN – Informasi tidak hanya harus cepat. Akses mendapatkannya juga harus mudah. Apalagi, informasi terkait urusan pelayanan pemerintah. Masyarakat wajib mendapatkan informasi secara cepat, tepat, dan mudah.

Setiap pemerintah daerah berlomba mewujudkannya. Seperti di Kota Madiun yang mengemas informasi dalam satu aplikasi. Ya, masyarakat kini dapat mengakses informasi dari dua portal berita milik Pemkot Madiun melalui satu aplikasi sekaligus. Aplikasi yang diberi nama Madiun Karismatik itu sudah bisa didownload di play store mulai kini.

‘’Prinsipnya memang ingin mendekatkan informasi kepada masyarakat. Caranya ya dengan kemudahan. Masyarakat dapat mengakses berbagai informasi tentang Kota Madiun dalam satu aplikasi,’’ kata Kasi Layanan Aplikasi dan Tata Kelola Pemerintahan Elektronik Diskominfo Kota Madiun Noor Aflah, Jumat (21/9/2018).

Aplikasi anyar berbasis android ini memiliki menu cukup komplit. Masyarakat bakal disuguhkan portal berita dari website Pemerintah Kota Madiun dan Madiun Today. Setiap informasi dan berita yang diposting dalam dua portal berita tersebut dapat diakses dengan mudah. Masyarakat tinggal memilih ingin mengakses portal yang mana setelah masuk. Kedua portal berita tersebut cukup aktif dengan total belasan posting berita saban harinya. Portal Pemkot rata diakses sebanyak 675 ribu setiap bulannya. Sedang, portal Madiun Today sekitar 23 ribu pembaca setiap bulannya.

‘’Informasi sekarang ini menjadi kebutuhan vital. Jangan sampai masyarakat melewatkan setiap informasi penting,’’ imbuhnya.

Aplikasi ini bukan hanya mengemas berita. Namun, juga menyuguhkan berbagai aplikasi milik sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Madiun. Di antaranya, aplikasi e-kinerja, LPPD, e-surat, nota dinas, dan SPPT yang dikemas dalam menu aplikasi dinas. Sedang, menu layanan masyarakat menampung aplikasi pemburu (Dukcapil), perizinan (DPMPTSPKUM), reses, dan LPSE. Aplikasi juga menyuguhkan menu pengaduan dan permohonan wifi gratis. Pemkot Madiun memang memiliki layanan wifi gratis bagi masyarakat.

Baca juga:   Tingkatkan Nilai Investasi, Pemkot Permudah Proses Perizinan

Aplikasi kian komplit dengan menu media sosial milik Pemkot. Mulai, youtube, instagram, facebook, dan twitter. Masyarakat juga dapat memberikan laporan pengaduan melalui menu email pengaduan dan form pengaduan. Admin disiapkan untuk menjawab setiap pengaduan yang masuk. Begitu juga dengan tindak lanjut atas pengaduan yang masuk. Menu lapor.go.id juga tersedia. Bedanya, lapor ini merupakan aplikasi yang diluncurkan Kantor Staff Presiden.

‘’Aplikasi ini terus kami kembangkan. Ke depan, juga akan dilengkapi notifikasi setiap muncul postingan baru di kedua portal berita tersebut,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Selalu patuhi aturan dan jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Mulai yang polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.