Layanan jaringan internet nirkabel gratis ini telah menjadi fasilitas andalan di daerah berslogan Kota Karismatik ini sejak setahun terakhir. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN – Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sebagai salah satu sumber pendapatan negara digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tak hanya pendanaan terkait kesehatan, tetapi juga fasilitas umum. Salah satunya Wifi gratis seperti di Kota Madiun.

Layanan jaringan internet nirkabel gratis ini telah menjadi fasilitas andalan di daerah berslogan Kota Karismatik ini sejak setahun terakhir. ‘’Penambahan jumlah dari DBHCHT diharapkan dapat semakin meningkatkan manfaatnya bagi masyarakat Madiun,’’ tutur Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Subakri, Senin (1/10).

Total anggaran yang digelontorkan untuk program ini dari DBHCHT mencapai Rp 1,6 miliar. Dana itu digunakan untuk menambah 1.120 titik Wifi gratis di Kota Madiun pada 2018. Saat ini, sebagian telah terpasang di beberapa lokasi.

Wifi dengan nama SSID Tolak Pita Cukai Ilegal ini sengaja dipasang dekat dengan pemukiman warga. Antara lain, hampir di semua RT yang memiliki poskamling. Atau, lokasi yang disetujui oleh RT setempat. Juga, TK dan Paud, serta beberapa lapangan.

‘’Ini sebagai upaya pemkot melalui Dinas Komunikasi dan Informatika untuk memberikan layanan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan komunikasi di era digital,’’ ujar Subakri.

Lokasi pemasangan tersebut diharapkan bisa menjadi titik kumpul bagi masyarakat untuk bertemu dan bersosialisasi. Misalnya, membahas potensi dagang bagi para pelaku usaha. Atau, digunakan sebagai tempat belajar bersama bagi siswa sekolah. Selanjutnya, menciptakan keamanan di lingkungan tersebut.

Baca juga:   Jadikan Kota Madiun Bebas Korupsi, Walikota Ajak Masyarakat untuk Peduli

‘’Kami akan terus evaluasi terkait lokasi. Untuk beberapa tempat yang kurang strategis, misalnya sepi warga, akan dipindahkan ke tempat yang lebih ramai,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Layanan Aplikasi dan Tata Kelola Pemerintahan Elektronik Diskominfo Kota Madiun Noor Aflah penggunaan Wifi gratis tak jauh beda dengan layanan yang disediakan pemkot sebelumnya. Warga dapat menggunakannya langsung tanpa memerlukan password.

Lebih lanjut, Aflah menjelaskan, penyediaan layanan Wifi ini juga sebagai upaya menghadapi revolusi industri 4.0. ‘’Harapannya, masyarakat siap menghadapi perubahan itu dan dapat mengambil peluang misalnya untuk berjualan atau belajar dan mendapatkan uang dari transaksi online,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu patuhi aturan dan jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Mulai yang polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakcukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#DBHCHT_2018