BANDUNG – Pemkot Madiun kembali mencetak prestasi membanggakan di tingkat nasional. Kali ini, penghargaan diraih oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dalam Procurement Award yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Dalam kesempatan kali ini, Pemkot Madiun meraih penghargaan pada kategori Komitmen Penerapan Standar LPSE : 2014. LPSE Kota Madiun dianggap mampu melaksanakan 17 standarisasi pengadaan secara elektronik. Mulai dari standar pelayanan, keamanan, dan kapasitas.

Dari 682 LPSE di seluruh Indonesia, baru 41 yang dapat memenuhi 17 standar tersebut. Salah satunya adalah Kota Madiun.

Penyerahan penghargaan bersamaan dengan kegiatan Rakornas Pengadaan Barang/Jasa di Sabuga Center ITB, Bandung, Selasa (30/10). Kegiatan ini juga diikuti lebih dari 3.000 pengelola pengadaan barang/jasa pemerintah. Baik dari kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Kepala LKPP Agus Prabowo menuturkan, salah satu bentuk kebijakan reformasi birokrasi di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah adalah dengan diterapkannya proses pengadaan barang/jasa yang memanfaatkan teknologi informasi. ”Yakni, melalui aplikasi sistem pengadaan secara elektronik yang lingkupnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai dengan katalog elektronik,” tuturnya.

Saat ini, dunia telah memasuki era kecanggihan teknologi komunikasi dan informasi. Hal ini turut mengubah paradigma seluruh organisasi pemerintah dengan memotong rantai birokrasi, memudahkan prosedur, dan mengubah pola kerja. Tujuannya, agar organisasi lebih responsif, transparan dan accessible sehingga terjadi check and balance.

Baca juga:   Pilihlah Dengan Mata Hati, Jangan Pakai Mata Uang!

Karena itu, sistem pengadaan secara elektronik dinilai dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan transparansi dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah. Sehingga, dapat meminimalisasi peluang terjadinya praktek KKN.

Agus berharap, kesuksesan daerah-daerah yang berhasil meraih penghargaan LKPP ini dapat diikuti oleh rekan-rekan yang lainnya. ”Serta, menumbuhkan prestasi menuju pengadaan barang/jasa yang transparan dan kredibel,” tandasnya. (Noor Aflah/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakcukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#DBHCHT_2018