Pengunjung sedang menggoda ikan louhan. (dhevit - madiuntoday)

MADIUN – Ikan louhan rupanya masih mempunyai pesona tersendiri bagi penikmat keunikannya di Kota Madiun. Ini terlihat dari gelaran Mini Kontes Louhan Madiun 1st di Balai Pasar Ikan Srijaya sejak Jumat (9/11). Event yang akan berlangsung 3 hari ini menampilkan berbagai motif ikan dengan ciri khas benjolan besar di kepala itu.

Ketua Panitia Mini Kontes Louhan Madiun 1st Donny Setyawan menuturkan, kegiatan ini diikuti oleh peserta se-eks Karesidenan Madiun. Total, ada 45 peserta yang bertanding dalam kontes tersebut. Ada 3 kategori yang ditandingkan. ‘’Yaitu, kelas prospek, cencu, dan cing hwa,’’ tutur Wakil Ketua Madiun Louhan Community itu.

Beragam poin pun digunakan untuk menilai kelayakan ikan-ikan unik itu menjadi pemenang. Antara lain, mental ikan, mutiara, kepala, proporsionalitas tubuh ikan, hingga corak yang ada di tubuhnya. Masing-masing kategori diambil lima pemenang untuk juara 1-5.

Menurut Donny, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kembali popularitas louhan di masyarakat Kota Madiun. ‘’Dulu pernah sangat populer lalu meredup. Sekarang ingin kami kenalkan lagi. Apalagi, louhan sekarang semakin banyak variannya,’’ terang Donny.

Baca juga:   Pembayaran Biaya PKB Bisa Lewat ATM, Uji Kir Bisa Lebih Mudah dan Efisien

Tak hanya itu, kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan perekonomian bagi para peternak ikan. Harapannya, dengan popularitas louhan yang naik lagi, bisa menambah pemasukan bagi para peternak. Sehingga, mereka lebih bersemangat lagi untuk menghasilkan variasi corak louhan yang beragam.

Kontes yang dibuka untuk masyarakat umum ini dapat disaksikan secara gratis. Selain melihat berbagai jenis louhan, pengunjung juga bisa mengikuti sesi tanya jawab dengan para ahli louhan dari Asosiasi Louhan Jawa Timur, Minggu (11/11).

‘’Kontes ini baru pertama kali diadakan di Kota Madiun. Harapannya, bisa mengedukasi masyarakat tentang louhan. Selain itu, tahun depan juga rencananya kami akan menyelenggarakan event yang lebih besar lagi. Kalau bisa skalanya nasional,’’ paparnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Mulai yang polos alias tanpa pita cukai. Atau, berpita cukai palsu dan berpita cukai rokok lain. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakcukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#DBHCHT_2018