MADIUN – Tahap penilaian untuk Lomba Sekolah Sehat (LSS) telah usai. Rabu (28/11), para juri pun berpamitan dengan pejabat terkait di lingkungan Pemkot Madiun dan seluruh peserta lomba. Kegiatan itu terlaksana di SDN Patihan Kota Madiun.

Dalam kesempatan itu, Perwakilan Juri LSS Patriana Dyah menyampaikan apresiasinya terhadap sekolah-sekolah di Kota Madiun. Terutama, yang menjadi peserta LSS tingkat Provinsi Jawa Timur 2018. Yakni, TK Negeri Pembina, SDN Patihan, dan SMPN 4 Kota Madiun. ‘’Secara umum semuanya bagus. Apalagi prestasi para siswa. Ini menunjukkan bahwa mereka mendapatkan gizi yang baik,’’ ungkapnya.

Untuk menilai para peserta, Patriana mengungkapkan bahwa para juri menyesuaikan dengan instrumen nasional. Harapannya, peserta yang menang di tingkat provinsi nantinya benar-benar mampu bersaing di tingkat nasional. Sehingga, dapat mengharumkan nama Jatim.

Instrumen penilaian tersebut meliputi tiga hal. Yaitu, sarana dan prasarana. Kemudian, upaya tim pembina UKS untuk mencapai hidup sehat. Lalu, sikap dan perilaku anak di sekolah. Masing-masing kategori memiliki bobot yang berbeda-beda. ‘’Nanti kami akan mengambil juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2, 3,’’ ujarnya.

Tak hanya itu, Patriana juga menyampaikan beberapa evaluasi dari hasil penilaian sebelumnya. Harapannya, apa yang dia sampaikan itu dapat menjadi masukan bagi sekolah-sekolah di Kota Madiun. Sehingga, tercapai standar sekolah sehat secara merata.

Baca juga:   Walikota Madiun Raih Penghargaan Pembina K3 dari Pemprov Jatim

Sementara itu, Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto dalam kesempatan itu menuturkan bahwa hidup sehat bukan hanya ditunjukkan ketika lomba saja. Melainkan, telah menjadi kebutuhan hidup masyarakat di Kota Karismatik ini. ‘’Ini komitmen kami. Ada atau tidak ada lomba,’’ tegasnya.

Sugeng berharap, tiga sekolah di Kota Madiun yang telah mengikuti penilaian LSS tingkat provinsi ini mendapatkan hasil yang maksimal. ‘’Tak ada gading yang tak retak. Karena itu, kami akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan mutu. Sehingga, ke depan dapat mewujudkan komitmen sekolah sehat terbaik ada di Kota Madiun,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/farid/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun