MADIUN – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Kota Madiun berlangsung khidmat. Sejumlah abdi negara melaksanakan upacara peringatan di halaman depan Balaikota, Kamis (29/11). Kendati sederhana, tidak mengurangi makna peringatan dengan tema ‘Korpri: Melayani, Bekerja, dan Menyatukan Bangsa’ tersebut.

Peringatan HUT sejatinya sudah sejak beberapa waktu lalu. Serangkaian kegiatan mengemuka. Mulai lomba voli, pengucapan Panca Prasetya Korpri, tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kota Madiun dan jalan sehat. Upacara bendera dilaksanakan bersama aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Kepolisian.

‘’Kita bisa melakukan refleksi atas apa yang telah dilakukan dan apa yang akan dilakukan ke depan melalui peringatan ini,’’ ungkap Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo selaku penasehat nasional Korpri.

Banyak pesan yang disampaikan presiden dalam sambutannya. Salah satunya, mengajak seluruh Korpri setanah air untuk meningkatkan pelayanan publik serta mengedepankan profesionalitas. Korpri bukan hanya sebagai pelayanan masyarakat. Namun, juga perekat dan pemersatu bangsa. Anggota Korpri wajib menjaga netralitas dalam pemilu serta menjaga kesehatan jasmani dan rohani melalui kegiatan-kegiatan positif.

Doa bersama dan pemotongan tumpeng dilakukan setelah upacara. Ini merupakan satu bentuk harapan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Korpri juga harus menjaga etika di masyarakat. Mampu menjadi suri tauladan bagi masyarakat dan menjadi pengabdi negara dan melayani masyarakat.

Baca juga:   27 Hari Lakukan Pemeriksaan Keuangan, Tim BPK Pamit Ke Walikota

‘’Ekspektasi atau harapan masyarakat begitu besar atas pengabdian ASN Pemkot Madiun. Ini harus menjadi pelecut semangat untuk lebih baik dan baik lagi,’’ ungkap walikota.

Diera revolusi industri 4.0, walikota berharap ASN Kota Madiun tanggap akan perkembangan teknologi. Adanya berbagai alat informasi teknologi (IT) diharap semakin mempermudah pelayanan. Pekerjaan disemua level dapat dintegritasikan.

‘’Keuntungan dengan IT dapat mengesifisiensi waktu dalam selesaikan pekerjaan. Adanya kemajuan ini harus semakin mempermudah pelayanan,’’ tuturnya.

Dengan pelayanan yang lebih baik, pemerintah tak segan memberikan reward kepada ASN. Walikota berharapk Korpri semakin memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

‘’Saya atas nama seluruh jajaran instansi vertikal yang ada di Kota Madiun maupun seluruh lapisan masyarakat mengucapkan Selamat hari Korpri yang ke-47,’’ pungkasnya. (devit/adit/iko/kiki/diskominfo).

#100ThMadiun
#KotaMadiunKarismatik