TANGERANG – Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) bukan sekedar ajang pertemuan antar humas pemerintah daerah. Namun, juga ajang unjuk gigi program kementerian. Sejumlah kementerian turun gunung memamerkan keunggulan masing-masing dalam pameran rangkaian SAIK 2018 di lapangan Ahmad Yani Kota Tangerang itu, Senin (3/12).

Berbagai keseruan mengemuka. Berbagai hadiah menarik tersedia. Tak heran, masyarakat tumplek blek. Terdapat puluhan stan kementerian dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Di antaranya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kemenag, Perdagangan, Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Negara, Energi dan Sumber Daya Mineral, Kelautan dan Perikanan, Sekretariat Negara, dan Kementerian Pariwisata, serta Diskominfo dan Humas sejumlah daerah.

Stan tak hanya menyuguhkan produk. Namun, juga permainan seru. Berhadiah pula. Seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menyajikan berbagai keseruan. Mulai latihan soal-soal hingga permainan kekinian. Salah satunya, game sepak bola virtual. Layaknya game sepak bola pada umumnya, game ini mewajibkan untuk mencetak goal sebanyak-banyaknya. Hanya, melalui tendangan pinalti. Menariknya, tidak menggunakan stik. Pemain cukup menggerakkan kaki layaknya menendang sungguhan. Berbagai hadiah disiapkan bagi yang mencoba.

Baca juga:   Santri Pupuk Semangat Keutuhan NKRI Lewat Drama Kolosal

Sejumlah stan lain juga menyajikan permainan tak kalah serunya. Kebanyakan mengenai pemahaman akan bidang dari kementerian terkait. Seperti permainan kuis tentang legislatif di stan DPR RI, permainan puzzle mata uang di stan Bank Indonesia, dan tebak nama produk-produk pertanian di Stan Kementerian Pertanian. Tak perlu khawatir salah. Sebab, tetap dapat hadiah. Hanya, tentu hadiah berbeda jika dapat memenangkannya.

Sejumlah stan juga menggelar pelatihan dan talk show. Mulai jurnalis, fotografi, dan juga tata boga. Stan pameran tentu sayang dilewatkan. Apalagi, sejumlah menteri hadir meninjau langsung. Mulai Kemensetneg Moeldoko dan Kemenpar Arief Yahya. Pameran gratis dan terbuka untuk umum. (ws hendro/agi/diskominfo)