MADIUN – Musim hujan telah tiba. Setiap hari, di Kota Madiun hujan bisa mengguyur kapan saja tanpa bisa kita tebak. Biasanya, pergantian cuaca yang tak menentu seperti ini, selain menggangu aktivitas juga bisa mengganggu kesehatan kita lho!

Banyak dari kita yang suka menyepelekan kondisi tubuh saat tidak fit. Padahal jika kita sudah terserang penyakit seperti pusing, flu, ataupun batuk-batuk, barulah kita menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

Keadaan kurang fit seperti ini, sering kali dapat mengganggu pekerjaan atau aktivitas kita lainnya. Bila tubuh kita sakit, maka kerja otak kita akan menurun dan akibatnya kita sulit berkonsentrasi. Selain itu, tubuh pun diliputi rasa lemas akibat kondisi fisik yang terganggu. Padahal, masih banyak pekerjaan ataupun tugas yang masih menumpuk dan harus segera diselesaikan.

Lantas bagaimana cara agar kondisi tubuh tetap fit di musim hujan seperti sekarang?

Konsumsi Minuman Hangat

Hujan dan dingin adalah selalu berhubungan. Seringnya, rasa dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh. Jadi saat musim penghujan, perbanyaklah mengonsumsi minuman yang dapat menghangatkan tubuh seperti teh atau jahe hangat

Menjaga asupan gizi setiap hari

Jangan asal makan supaya yang penting kenyang. Tubuh kita juga perlu mendapat gizi yang baik tiap harinya. Gizi yang baik dapat membantu tubuh kita menghasilkan energi dan kekebalan tubuh kita meningkat.

Baca juga:   Disdag Kota Madiun-Pemprov Temukan Belasan Makarel Kaleng Saat Sidak

Jika kecukupan gizi terpenuhi, kekebalan tubuh kita akan meningkat. Maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Gizi yang baik tentunya dapat kita peroleh dari mengonsumsi makan-makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, kita juga dapat mengonsumsi vitamin ataupun suplemen tambahan untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Berolahraga ringan

Untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, kita perlu meluangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan. Contohnya, seperti jogging dan bersepeda. Atau, sekadar jalan-jalan santai. Kegiatan ini juga dapat menunjang kesehatan kita. Sehingga jantung kita dapat menyuplai oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah kita menjadi stabil.

Membawa jaket atau sweater

Biasanya jika sudah memasuki musim hujan, juga disertai dengan suhu yang dingin. Untuk menghindari diri dari kedinginan atau masuk angin, kita perlu juga membawa jaket ataupun sweater yang dapat menghangatkan tubuh kita. Tentunya kita dapat memilih jaket ataupun sweater yang nyaman dan hangat untuk kita pakai.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakcukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#DBHCHT_2018