Sosialisasi Peraturan Barang dan Jasa, Bukti Pemkot Madiun Tanggap Pelayanan Publik

Di Posting Oleh madiuntoday

12 Desember 2018

MADIUN- Pembangunan nasional merupakan sebuah kesatuan yang berasal dari berbagai macam aspek. Salah satunya adalah melalui pengadaan barang atau jasa pemerintahan. Melalui pengadaan barang dan jasa tersebut dapat memacu peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional maupun daerah.

Maka dari itu, Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengadakan Kegiatan Sosialisasi Peraturan Pengadaan Barang/Jasa serta Bimtek Aplikasi SIRUP yang dilaksanakan di Sun Hotel Kota Madiun, Rabu (12/12).

Kegiatan ini melibatkan seluruh pelaksana pengadaan barang/jasa yang berasal dari semua organisasi perangkat daerah (OPD) , badan usaha milik daerah (BUMD), dan lembaga pendidikan di Kota Madiun. Materi yang disampaikan terkait sosialisasi peraturan-peraturan baru. Di antaranya, peraturan presiden No 16 tahun 2018 mengenai pengadaan barang/jasa, peraturan LKPP No 8 Tahun 2018 tentang pelaku pengadaan, peraturan LKPP No 9 Tahun 2018 tentang pedoman Pelaksanaan Pengadaan barang/jasa melalui penyedia, serta Peraturan LKPP No 15 Tahun 2018 tentang pelaku pengadaan.

“Sesuai dengan Perpres No 16 tahun 2018, para pelaksana dituntut untuk dapat menghasilkan barang/jasa yang tepat dari setiap uang yang dibelanjakan. Diukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya, lokasi, dan penyedia,” terang Edi Kristiyanto, narasumber acara dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Pihaknya berharap dengan kegiatan sosialisasi ini, para pelaksana pengadaan barang/jasa dapat melakukan perencanaan yang matang. Selain itu para pelaksana diharapkan untuk dapat dengan segera mengimplementasikan dan mempertegas pelaksanaanya. “Pertama dengan melakukan identifikasi kebutuhan, menyusun rancangan yang perlu disusun agar memudahkan dalam proses persiapan dan pemilihan,” tegasnya.

Rencananya giat ini akan berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis (13/12). Pada hari kedua, peserta akan diberikan bimbingan teknis mengenai aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan berbasis Web (SIRUP), yang berfungsi sebagai sarana atau alat untuk mengumumkan rencana umum pengadaan (RUP). (rahmad/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakcukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#DBHCHT_2018

Artikel Terkait

Don`t copy text!