iMadiun, Bukti Kota Karismatik Semakin Siap Menuju Smart City

Di Posting Oleh madiuntoday

13 Desember 2018

MADIUN – Penghujung tahun 2018 menjadi momen bersejarah bagi Pemerintah Kota Madiun. Pasalnya pada Kamis (13/12), Pemkot melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun melaksanakan komitmennya untuk membangun generasi canggih menuju smart city dengan peluncuran perpustakaan digital yang diberi nama iMadiun.

Disadari atau tidak, perpustakaan berperan sebagai wahana belajar sepanjang hayat yang berperan penting dalam mengembangkan program di tingkat keluarga, sekolah, maupun lingkungan. Maka dari itu, perpustakaan dituntut untuk dapat terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi yang ada dengan baik.

Bertempat di Wisma Haji Kota Madiun, Launching perpustakaan digital tersebut dihadiri oleh Walikota Sugeng Rismiyanto, Sekda , Ketua DPRD, Ketua Tim Penggerak PKK, jajaran Forkopimda beserta segenap tamu undangan yang berasal dari berbagai macam latar belakang.

“Tujuan diadakannya launching ini adalah untuk memperkenalkan pada masyarakat bahwa ada alternatif pilihan untuk mengakses perpustakaan melalui media elektronik. Kedua, kita tahu Kota Madiun tidak memiliki cukup Sumber Daya Alam, maka dari itu kita harus memajukan Sumber Daya Manusia yang dimiliki,” jelas Walikota Sugeng Rismiyanto.

Sumber Daya Manusia yang berkualitas, lanjutnya, dapat membantu daerahnya untuk mencapai pembangunan yang berkualitas. Ini salah satu cara untuk menjadikan perpustakaan menjadi sebuah kebutuhan untuk dijadikan bersama sebagai sumber informasi, sumber kebudayaan dan sumber untuk rekreasi.

Dalam sambutannya, Sugeng menjelaskan bahwa era revolusi industri, mau tidak mau menuntut masyarakat untuk berhadapan dengan teknologi khususnya teknologi informasi. Hal ini menuntut masyarakat untuk cerdas dalam menentukan arah di persaingan global.

Dia berharap, dengan adanya iMadiun masyarakat dapat dengan mudah mengakses sumber informasi yang akurat dan berasal dari sumber yang jelas. Senada dengan pernyataan tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Madiun Ahsan Sri Hasto berharap bahwa iMadiun merupakan solusi praktis untuk mengakses perpustaakan melalui gadget.

“Ini salah satu upaya untuk memanfaatkan hotspot yang dipasang pemerintah daerah di tiap kelurahan. iMadiun hadir sebagai sarana positif mengakses internet,” tandasnya.
(ws hendro/kus/farid/yola/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik

Artikel Terkait

Don`t copy text!