Mulai Februari 2019, Pelajar Pakai Angkutan Sekolah Gratis

Di Posting Oleh madiuntoday

13 Desember 2018

MADIUN – Program Angkutan Sekolah Gratis (ASG) segera terealisasi di Kota Madiun. Segala ubo rampe-nya tengah dan sedang disiapkan. Program Pemkot Madiun melalui Dinas Perhubungan setempat tersebut ditargetkan mulai dijalankan awal 2019 mendatang.

‘’Persiapan terus kami lakukan. Mulai armada hingga kelengkapan pendukungnya. Program ini kami targetkan Januari 2019 sudah dapat diujicobakan,’’ kata Kepala Dishub Kota Madiun Ansar Rasidi, Kamis (13/12).

Program ASG, lanjutnya, dimaksudkan untuk menciptakan kesadaran berlalu lintas, khususnya bagi pelajar. Harapannya, terwujud budaya sadar akan keselamatan di jalan raya. Selain itu, program diharapkan dapat memberikan layanan angkutan pelajar sehingga selamat sampai di tujuan. Penggunaan kendaraan bermotor oleh pelajar yang secara administrasi belum dapat memiliki izin mengemudi juga dapat berkurang.

‘’Program ini juga untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar serta meningkatkan kelancaran berlalu lintas di Kota Madiun,’’ imbuhnya.

Pihaknya, sengaja melakukan pendataan ke sekolah. Program ini terbukti cukup membantu. Pelajar yang bersedia menggunakan ASG cukup banyak. Bahkan, sebagian besar ingin beralih ke angkutan ini setelah resmi beroperasi nanti. Pihaknya, menyiapkan tiga armada jenis bus dengan kapasitas angkut 30 orang perkendaraan. Selain itu, pihaknya juga menggunakan 20 angkutan kota dengan kapasitas 12 orang perkendaraan.

Sejumlah armada ini rencananya bakal beroperasi setiap jam berangkat dan pulang. Yakni, pagi pukul 05.45 sampai 06.45 dan siang dengan waktu menyesuaikan jam pulang sekolah. Tiga armada bus direncanakan mulai resmi beroperasi Februari mendatang. Sedang, angkutan kota sebulan setelahnya. Pihaknya kini juga tengah melakukan rekrutmen tenaga sopir untuk tiga armada bus tersebut. Tahapan sudah sampai tes wawancara. Enam peserta yang lolos sampai saat ini bakal mengikuti tes wawancara, Jumat (14/12) besok.

‘’Kami membuka lima tenaga sopir yang akan bergantian mengemudikan armada bus ASG,’’ pungkasnya. (agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2018

Artikel Terkait

Don`t copy text!