Dispendukcapil Jamin Stok Blanko KIA Aman

Di Posting Oleh madiuntoday

14 Desember 2018

MADIUN – Kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai syarat mendaftar sekolah rencananya akan berlangsung mulai tahun depan. Sehingga, diharapkan seluruh anak-anak di bawah usia 17 tahun di Kota Madiun telah memiliki dokumen kependudukan tersebut.

Terkait regulasi tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun Nono Djatikusumo menuturkan bahwa pihaknya siap menerima pengajuan KIA. ‘’Alat cetak, blanko, dan tinta kami mencukupi. Termasuk SDM (sumber daya manusia, red). Tinggal menunggu dari pemohon,’’ tuturnya.

Ada atau tidaknya aturan tentang KIA sebagai syarat mendaftar sekolah, Nono mengungkapkan bahwa Dispendukcapil telah berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan dokumen kependudukan masyarakat Kota Madiun.

Khusus KIA, saat ini sudah ada 23.800 kartu tercetak dari target 51 ribu. Sedangkan, total blanko KIA yang disediakan oleh Dispendukcapil mencapai 67 ribu lembar.

Tak hanya ketersediaan blanko, Dispendukcapil juga menjamin proses pembuatan KIA lebih cepat. Bahkan, bisa langsung jadi dalam sehari. Ini merupakan salah satu inovasi pelayanan di Dispendukcapil. Yakni, sehari mesti jadi (Semedi). ‘’Asalkan, dokumen lainnya tidak bermasalah, maka KIA bisa langsung kami proses dan cetak,’’ tegasnya.

Terkait pengajuan KIA, ada beberapa persyaratan yang perlu dibawa. Antara lain, akta kelahiran, KK dan KTP orang tua, serta mengisi permohonan pengajuan KIA di Dispendukcapil. Nono mengatakan, pengajuan KIA tidak perlu surat pengantar baik dari RT, RW, maupun kelurahan. ‘’Pengajuannya bisa secara mandiri atau kolektif,’’ imbuhnya.

Dengan inovasi pelayanan dan fasilitas yang disediakan oleh dinasnya, Nono berharap kesadaran masyarakat tentang pentingnya kelengkapan dokumen kependudukan semakin meningkat. Tak terkecuali dokumen kependudukan bagi anak-anak. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2018

Artikel Terkait

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

MADIUN – Uji coba pemberlakuan dua arus di Jalan A Yani mulai dijalankan, Sabtu (24/10) sore. Pemberlakuan bakal dimulai pukul 17.00. Pengendara dari Jalan Pahlawan sebelah utara Patung Pecel bisa berbelok ke kanan menuju Jalan A Yani. Artinya, tidak harus lurus ke...

Don`t copy text!