Suket Hilang/Rusak? Cukup Pakai Salinan KK Untuk Cetak E-KTP

Di Posting Oleh madiuntoday

14 Desember 2018

MADIUN – Proses pemungutan suara Pileg dan Pilpres 2019 sebentar lagi. Masyarakat yang memiliki hak pilih wajib berkontribusi. Paling tidak, menggunakan hak suaranya saat hari pemungutan nanti. Nah, syaratnya wajib harus sudah memegang elektronik KTP atau E-KTP. Paling tidak, sudah melakukan perekaman.

‘’Prinsipnya yang sudah perekaman dapat menggunakan hak pilihnya. Entah itu sudah memiliki E-KTP atau hanya surat keterangan (suket),’’ kata Kepala Dispendukcapil Kota Madiun Nono Djati Kusumo, Jumat (14/12).

Data di mejanya, sekitar 800 warga Kota Madiun yang masih memegang suket. Masyarakat diminta segera menukarkannya dengan E-KTP. Caranya, dengan datang langsung ke kantor Dispendukcapil saat jam pelayanan. Penukaran ini penting agar masyarakat yang bersangkutan segera memiliki E-KTP yang lebih praktis dibawa dan disimpan. Kendati begitu, tidak perlu resah jika memang belum bisa menukar.

‘’Suket memiliki fungsi dan kekuatan yang sama dengan KTP. Jadi juga bisa digunakan untuk mendapatkan surat suara di TPS nanti. Tetapi kami himbau untuk segera ditukarkan saja dengan E-KTP agar lebih praktis,’’ ujarnya.

Pencetakan, lanjutnya, hanya dilakukan saat penukaran. Sebab, stok blangko E-KTP tidak cukup banyak. Pihaknya, hanya memiliki sekitar dua ribuan blangko saat ini. Itu disiapkan untuk pelayanan sehari-hari. Pihaknya bisa saja melakukan pencetakan serentak E-KTP warga yang masih memegang suket. Namun, dikhawatirkan itu mengganggu pelayanan sehari-hari yang dimungkinkan lebih mendesak.

‘’Stok blangko tidak terlalu banyak dan harus menunggu kiriman dari pusat. Jadi sementara hanya melayani mereka yang datang,’’ ungkapnya.

Bagaimana kalau suket hilang atau rusak?

Nono menyebut masyarakat tetap bisa melakukan pencetakan. Masyarakat cukup datang dengan membawa kartu keluarga (KK) atau salinannya. Data pemohon bakal dicek terlebih dahulu berdasar nomor induk kependudukan (NIK) pada KK. Kalau data sudah sesuai dan sudah berstatus pre ready record (PRR), KTP bisa dilakukan pencetakan.

‘’Kalau KTP sudah tercetak, secara otomatis suket tidak lagi berlaku. Masyarakat kami himbau untuk segera melakukan penukaran suket untuk kami cetak E-KTPnya,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2018

Artikel Terkait

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

MADIUN – Uji coba pemberlakuan dua arus di Jalan A Yani mulai dijalankan, Sabtu (24/10) sore. Pemberlakuan bakal dimulai pukul 17.00. Pengendara dari Jalan Pahlawan sebelah utara Patung Pecel bisa berbelok ke kanan menuju Jalan A Yani. Artinya, tidak harus lurus ke...

Don`t copy text!