MADIUN – Gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kota Madiun Tahun 2018, pada hari ini Rabu (19/12) resmi dibuka oleh Walikota Sugeng Rismiyanto. Bertempat di Asrama Haji Kota Madiun, giat yang rutin dilakukan selama dua tahun sekali ini mengambil tema dengan musabaqah tilawatil Qur’an tingkat kota kita wujudkan generasi muda yang unggul cerdas dan berakhlakul karimah.

Pada kesempatan kali ini, Walikota mengapresiasi antusiasme peserta yang mengikuti MTQ 2018. “Tahun lalu, jumlah peserta sekitar 240 orang. Sekarang mengalami peningkatan menjadi 272. Ini menunjukkan partisipasi aktif masyarakat dan keinginan untuk mengembangkan diri dalam mencetak generasi cerdas dan berakhlak,” ungkapnya.

Tentunya, kata dia, ini tidak semata-mata karena adanya lomba. Lebih dari itu  giat ini adalah bentuk untuk melaksanakan sikap dan perilaku umat Islam yang berbudaya dan bermartabat, yang tumbuh di dalam kehidupan sehari-hari. “Kedepan semoga akan menjadi cahaya penerang di kehidupan. Mari semangat, mempunyai mimpi untuk menjadi Qori dan Qoriah, melalui MTQ ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia berharap dengan adanya giat ini nantinya akan terpilih peserta terbaik dan menjadi wakil MTQ Kota Madiun di tingkat provinsi ataupun nasional. “Generasi muda harus diberikan porsi di dalam setiap kegiatan yang ada, karena dari giat-giat tersebut kita dapat melihat potensi unggul yang ada dalam diri para penerus bangsa,” tegasnya.

Baca juga:   Belajar E-Kinerja, Pemkab Madiun Studi Banding Ke Kota

Senada dengan pernyataan di atas, Plt Kabag Adm Perekonomian dan Kesra H. Heru Waskita, selaku ketua panitia mengatakan bahwa MTQ kali ini bertujuan untuk dapat membudayakan cinta membaca seni Al Quran sejak dini. “Kota Madiun ini sudah memiliki keunggulan di bidang kaligrafi, pada MTQ yang lalu, kita masuk 6 besar kaligrafi tingkat provinsi. Melalui giat hari ini, semoga bisa muncul unggulan-unggulan di bidang lainnya,” tandasnya.

Gelaran MTQ Kota Madiun 2018 melombakan seikitnya 11 cabang perlombaan. Mulai dari tartil anak, remaja, dan dewasa, tilawah anak, remaja, dan dewasa, hafalan satu jus, hafalan lima jus, hingga 10 jus. Terakhir adalah lomba cerdas cermat. Rencananya giat ini berlangsung selama satu hari.
(ws hendro/kus/iko/yola/diskominfo)

#100ThMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#KotaKarismatikMadiun

Share and Enjoy !

Shares