Taman ini sebelumnya merupakan Monumen Perjuangan 1945. (dhevit - madiuntoday)

MADIUN- Hawa liburan makin terasa. Sudahkah kamu menyiapkan daftar destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi bersama keluarga? Tak perlu panik. Di Kota Madiun sudah banyak destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi sendiri, atau beramai-ramai bersama keluarga. Yups, salah satu tempat itu adalah Taman Obor.

Berlokasi di Jalan S. Parman, Oro Oro Ombo, Kartoharjo, Madiun, taman ini sebelumnya merupakan Monumen Perjuangan 1945 yang oleh Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Madiun dipercantik dengan beberapa tambahan ornamen yang sedap dipandang mata.

“Pembangunan dilakukan selama bulan Juli – November 2018 dengan tujuan untuk memberikan tempat rekreasi sekaligus untuk edukasi. Ada lima sisi replika yang mengisahkan mengenai sejarah. Mulai dari penjajahan, perjuangan, hingga masa setelah perjuangan ,” ujar Kepala Bidang Pertamanan, Pemakaman, Dan Penerangan Jalan Umum A’ang Marhaendra Budiono.

Nah, apa saja yang bisa kita eksplore dari Taman Obor ini. Yuk simak ulasan dari Madiuntoday berikut ini.

Tugu Perjuangan

Ini yang menjadi ikon dari Taman Obor. Tugu besar ini memiliki replika yang ke-lima sisinya secara berkesinambungan mengisahkan tentang masa perjuangan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Di atasnya terdapat patung para pejuang kemerdekaan yang tengah membawa senjata, seakan sigap menghadapi penjajah.

Baca juga:   Atasi Minimnya Lahan Wilayah Perkotaan, Pemkot Gelar Workshop Ketahanan Pangan

Plakat Nama Pahlawan

Berbentuk seperti layang-layang terbalik, plakat ini berisi gambar pahlawan masa perjuangan dan revolusi lengkap dengan riwayat perjalanan hidupnya. Kurang lebih terdapat 10 plakat nama yang mengisahkan riwayat singkat para pahlawan seperti Mohamad Yamin, Dr.Sutomo, Ki Hadjar Dewantara, dan lain sebagainya.

Eits, di sana kalian juga bisa sepuasnya foto-foto dengan plakat ataupun monumen yang ada. Tapi ingat, jangan mencoret-coret atau membuang sampah sembarangan disana ya!

A’ang mengatakan, dengan adanya taman ini pihaknya berharap dapat dijadikan sebagai sarana edukasi dan rekreasi bagi anak-anak. Khususnya, Kota Madiun.

“Kami memfasilitas anak-anak untuk bisa belajar sejarah dengan fun. Salah satunya ya melalui ini. Selain itu ke depannya kami akan segera memperindah taman obor ini dengan berbagai macam tanaman hias,” ungkapnya.

A’ang berpesan agar masyarakat Kota Madiun ikut berperan aktif dalam menjaga dan merawat fasilitas umum yang telah disediakan oleh pemerintah. (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2018