Tambah Lampu PJU, Pengendara Makin Terbantu

Di Posting Oleh madiuntoday

20 Desember 2018

MADIUN – Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Madiun terus dibenahi. Setelah pemasangan ratusan lampu, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) setempat kembali melakukan pemasangan sejumlah PJU baru. Total terdapat 24 tiang dengan 48 lampu yang sudah terpasang saat ini.

‘’Pemasangan ini kebanyakan untuk mengganti yang lama. Lampu menggunakan LED (light emitting diode) kini,’’ kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun Soeko Dwi Handiarto, Kamis (20/12).

Titiknya tersebar di sejumlah tempat. Di antaranya, 12 titik di Alun-alun, satu tiik di perempatan Jalan Urip Sumoharjo arah Akademi Perkerataapian Indonesia (API), lima titik di kawasan patung gajah, dan enam titik di perempatan Jalan MT Haryono dan Jalan Salak. Pemasangan sudah nyaris selesai. Petugasnya terlihat tengah melakukan pemasangan di kawasan patung gajah, pagi ini.

‘’Secara keseluruhan memang belum seimbang antara ruas jalan dengan jumlah PJU yang ada. Prinsipnya, pemkot terus berupaya memenuhi itu,’’ ungkapnya.

Teknologi Smart System

Efisiensi Penerangan Jalan Umum (PJU) Pemkot Madiun bukan sekedar penggantian lampu PJU ke lampu hemat energi (LED). Pemkot juga berencana menerapkan teknologi smart system ke depan. Tingkat terang lampu dapat diatur dengan teknologi ini. Artinya, lampu tidak perlu menyala maksimal sepanjang malam. Tujuannya, anggaran pembayaran listrik PJU dapat semakin ditekan.

‘’Sekarang ini lampu menyala dengan daya sama selama dinyalakan. Makanya, biaya pembayaran listrik cukup besar,’’ imbuh Soeko.

PJU bakal disetting tak terang maksimal saat masih petang dan selepas subuh. Lampu baru terang maksimal selepas waktu maghrib hingga subuh. Pun, petugas tidak perlu mengaturnya setiap hari. Setting cukup dilakukan sekali saat pemasangan. Ukuran terang gelapnya lampu juga dapat diatur. Titik yang dinilai bukan proritas dapat menggunakan lampu dengan daya yang lebih kecil. Selain itu, tidak perlu disetting terang maksimal.

‘’Teknologi ini baru dapat diterapkan setelah ukuran terang-gelap diketahui. Kami berencana mengundang tim ahli untuk mengukur tingkat terang lampu ini,’’ ujarnya sembari menyebut gangguang PJU dapat dilaporkan ke nomor 0852 3530 9030. (wshendro/agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2018

Artikel Terkait

Thamrin Jadi Satu Arah, Ini Skema Pengalihan Arus Jalan di Kota Madiun

Thamrin Jadi Satu Arah, Ini Skema Pengalihan Arus Jalan di Kota Madiun

MADIUN – Penyesuaian akses lalu lintas di Kota Madiun terus dilakukan. Rapat koordinasi (Rakor) terkait akses lalu lintas dari dan ke Kota Pendekar kembali digelar, Sabtu (4/4). Bertempat di Dinas Perhubungan Kota Madiun, Rakor menghasilkan sejumlah kebijakan baru....

Don`t copy text!