MADIUN – Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kota Madiun memiliki komando baru. Tatok Raya resmi menjadi Ketua Umum KONI periode 2019-2023 atau hingga empat tahun mendatang. Hal itu mengemuka setelah rapat anggota tahunan dan musyawarah olahraga kota luar biasa (Muskorkotlub), Sabtu (22/12).

Sekda Kota Madiun Rusdiyanto berharap pergantian ketua KONI Kota Madiun mampu memberikan prestasi ke depannya. “Koni lebih berprestasi dan membawa nama baik Kota Madiun,” harap Sekda Kota Madiun saat membuka Munaskotlub Koni.

Pergantian bukan hanya di tampuk pimpinan. Namun, juga menyentuh kepengurusan di dalamnya. Harapannya, KONI memiliki semangat baru. Ini penting mengingat terdapat gelaran Pekan Olahraga Tingat Provinsi (Porprov) 2019 nanti. Sekda berharap upaya KONI lebih maksimal dalam event tersebut.

Apalagi, potensi cukup tersedia di Kota Madiun. Dengan penduduk diatas 200 ribu jiwa, kota pecel seharusnya tak kesulitan mencari atlet hingga bibit-bibit unggul. Koni harus jeli memilih dan membina atlet sejak dini.

Baca juga:   Sabet 14 Medali, Atlet Ju Jitsu Kota Madiun Berpotensi Jadi Andalan

“Pembinaan harus sedini mungkin. Karena tidak ada prestasi secara instan. Kalau tidak dibina secara dini, tidak akan menghasilkan prestasi yang maksimal,” ungkapnya.

Terkait pendanaan, KONI mendapat kucuran dana lebih di 2019 melalui dana hibah APBD Pemkot Madiun. Sekda berharap dana dapat digunakan sebaik mungkin dan dapat dipertanggungjawabkan tentunya. “Dana wajib dikelola secara transparan dan akuntabel sesuai amanah peraturan perundang-undangan yang berlaku,” paparnya.

Selain pembinaan atlet, KONI diharapkan lebih banyak menguji atletnya dikancah nasional. Sehingga atlet yang turun di POR Provinsi, memiliki jam terbang bertanding yang mencukupi. (lucky/adit/diskominfo)