Sampaikan LKPJ Akhir Jabatan, Walikota Beberkan Pertumbuhan Ekonomi Kota Madiun

Di Posting Oleh madiuntoday

26 Desember 2018

MADIUN – Laju pertumbuhan ekonomi Kota Madiun pada 2018 sebesar 5,96 persen. Atau, meningkat 0,06 persen dari 2016. Dibandingkan wilayah lainnya se-eks Karesidenan Madiun, pertumbuhan ekonomi Kota Madiun selama kurun waktu 2015-2018 merupakan yang tertinggi.

Hal ini disampaikan oleh Walikota Madiun dalam rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa jabatan walikota Madiun periode 2014-2019 di Gedung DPRD Kota Madiun, Rabu (26/12).

‘’Pertumbuhan ini dikarenakan perkembangan lapangan usaha kategori pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang yang meningkat pesat. Dari 17 lapangan usaha ekonomi yang ada, secara keseluruhan mengalami perubahan yang positif,’’ tuturnya.

Pertumbuhan ekonomi Kota Madiun, lanjut Sugeng, sejalan dengan peningkatan jumlah investor dan nilai investasi yang masuk. Semakin tinggi jumlah investor yang masuk, semakin kecil pula angka pengangguran di Kota Madiun.

Menurut Sugeng, pemerintah berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi warganya. Yakni, dengan memberlakukan kebijakan yang berpihak pada masyarakat. Salah satunya terkait lapangan pekerjaan.

Investor yang masuk dan mendirikan usaha di Kota Madiun diimbau untuk menggunakan tenaga kerja dari dalam kota. Dalam proses perekrutan, diutamakan warga Kota Madiun yang diterima. Dengan demikian, dapat membantu memberikan lapangan pekerjaan.

Upaya tersebut rupanya membuahkan hasil. Prosentase tingkat pengangguran terbuka di Kota Madiun mengalami penurunan signifikan. Dari 5,10 persen pada 2015, hingga akhir November lalu tinggal 1,13 persen. ‘’Prosentase penduduk miskin 4,94 persen pada 2017. Sedangkan, posisi Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun di atas Provinsi Jawa Timur. Yakni, mencapai 80,15 pada 2018,’’ paparnya.

Capaian indikator pendidikan merupakan salah satu komponen IPM. Khususnya, terkait harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah. Selama periode 2015-2018, perkembangan angka harapan lama sekolah selalu meningkat.

‘’Upaya kami untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat. Termasuk pendidikan. Tidak sekedar menghitung capaian target, tapi juga memenuhi kebutuhan dasar,’’ tegasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakcukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2018

Artikel Terkait

1.425 Laptop Gratis Tiba, Segera Dibagikan Kepada Siswa

1.425 Laptop Gratis Tiba, Segera Dibagikan Kepada Siswa

MADIUN – Program laptop gratis bagi siswa sekolah yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Madiun akhirnya terealisasi. Rabu (15/7), sebanyak 1.425 unit PC Portable bertipe HP 240 G7 itu tiba dari Jakarta. Selanjutnya, akan segera didistribusikan kepada siswa SD dan SMP...

Don`t copy text!