Banyak manfaat yang bisa didapat dari senam. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN- Aktivitas yang padat membuat kita sering lupa diri untuk memperhatikan kondisi tubuh. Padahal, tubuh yang fit sangat penting untuk mendukung kegiatan sehari-hari, baik di dalam ataupun luar rumah.

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati kesibukan kita agar bisa berolahraga.  Seperti olahraga ringan yang bisa dilakukan dengan mudah, seperti lari-lari kecil di halaman rumah, bersepeda, ataupun senam.

Nah, ternyata banyak lho manfaat yang bisa kamu dapatkan dari senam. Yuk simak ringkasan dari Madiuntoday berikut ini.

Apa yang terjadi saat senam?

Pada saat berolahraga, misalnya senam. Kita menggerakan hampir seluruh bagian tubuh, dengan begitu kita menggerakan otot-otot besar pada tangan, kaki, dan pinggul. Selain itu, terjadi peningkatan laju pernafasan dan denyut jantung yang menyebabkan kadar oksigen di darah meningkat dan pembuluh darah membesar. Perubahan-perubahan metabolisme ini akan memberikan dampak positif yang bermanfaat untuk tubuh lho.

Senam Jaga Bantu Berat Badan

Seperti olahraga lainnya, senam bisa membantu tubuh untuk membakar kalori dan lemak secara alami. Tentunya dengan dikombinasikan dengan pola makan yang sehat. Senam, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga untuk menjaga penampilan dan berat badan yang sehat.

Baca juga:   Isi Piringku! Strategi Pemerintah Berikan Anak Gizi Seimbang

Bantu Tingkatkan Stamina Tubuh

Saat berolahraga, kadar oksigen di dalam darah meningkat dan kerja jantung menjadi lebih efisien. Efek positifnya, kamu akan menjadi lebih berenergi dan bersemangat dan tentunya hal ini bisa mendukung aktivitas serta kesibukan harianmu.

Memperpanjang Harapan Hidup

Disadari atau tidak, senam bisa membuat tulang dan otot kita lebih kuat. Dengan begitu, kamu bisa tetap aktif dan enerjik walaupun usia sudah bertambah. Manfaat lainnya, senam juga dapat menjaga fungsi otak dan mencegah kepikunan.

Jadi, pastikan untuk terus aktif dan rutin berolahraga ya! Selain itu lengkapi juga dengan nutrisi yang seimbang, agar tetap sehat dan gesit.
(ws hendro/kus/madiuntoday)