Perhiasan menjadi salah satu penyumbang nilai inflasi. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN – Langkah antisipasi telah dipersiapkan Pemkot Madiun bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk menekan harga selama Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Stok bahan kebutuhan pokok hingga operasi pasar telah disiapkan agar tidak terjadi lonjakan harga yang dapat meningkatkan inflasi.

Upaya itu rupanya membuahkan hasil. Bahkan, Kota Madiun tercatat sebagai daerah dengan tingkat inflasi terendah se-Jawa Timur selama Desember 2018. ‘’Pada bulan Desember 2018, tercatat sebesar 0,25 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) 132,09,’’ terang Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun Firman Bastian saat ditemui, Senin (7/1).

Dengan capaian tersebut, Kota Madiun merupakan daerah dengan inflasi terendah dari delapan kota penghitung inflasi nasional di Jatim. Sedangkan, daerah lainnya mengalami kenaikan. Yakni, di Probolinggo sebesar 0,72 persen. Disusul Surabaya dan Malang yang masing-masing naik 0,65 persen. Kemudian, Banyuwangi 0,55 persen, Sumenep 0,51 persen, Jember 0,49 persen, dan Kediri 0,29 persen.

Sejumlah barang kebutuhan penyumbang inflasi.

Menurut Firman, hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Apalagi, baru kali ini Kota Madiun menjadi yang daerah dengan inflasi terendah se-Jatim. Bahkan, dua tahun berturut-turut.

Baca juga:   Bisnis Perhotelan di Kota Madiun Masih Menggiurkan

Tak hanya itu, inflasi bulan Desember 2018 Kota Madiun juga jauh di bawah besaran inflasi Jatim dan Nasional. ‘’Untuk inflasi tingkat Jawa Timur bulan Desember mencapai 0,60 persen. Sedangkan, inflasi nasional mencapai 0,62 persen,’’ imbuhnya.

Lebih lanjut, Firman mengatakan, keberhasilan ini tak lepas dari peran Pemkot Madiun bersama TPID yang terdiri atas satgas pangan, Bank Indonesia, dan Bulog dalam melaksanakan tugas stabilisasi harga melalui kegiatan operasi pasar.

Firman menambahkan, penyumbang inflasi pada Desember 2018 di Kota Madiun antara lain dipengaruhi oleh kenaikan harga beras, daging dan telur ayam ras, beberapa buah-buahan, tarif kereta api, rokok putih, hingga obat dengan resep.

Sedangkan komoditas penekan inflasi antara lain dipengaruhi turunnya harga minyak goreng, bawang putih, daging ayam kampung, beberapa sayuran dan buah, serta emas perhiasan. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019