Masyarakat nantinya dapat mengetahui kepadatan jalan di Kota Madiun yang dipantau Silat. (dhevit - madiuntoday)

MADIUN – Masyarakat yang ingin mengetahui kondisi jalan di Kota Madiun tidak lagi repot kini. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) setempat mengeluarkan situs khusus untuk memantau kondisi jalan tersebut. Informasi lengkap tentang jalan cukup dilihat dari layar smartphone masing-masing. Tak hanya jalan, masyarakat juga dapat mengakses informasi terkait jembatan dalam Sistem Informasi Jalan dan Jembatan (Silat).

‘’Nama Silat diambil untuk mengedepankan unsur kelokalannya. Sistem ini nantinya akan menyuguhkan informasi lengkap terkait jalan dan jembatan di Kota Madiun,’’ kata Kabid Bina Marga DPUTR Kota Madiun Torik Megah, Rabu (9/1).

Berbagai menu tersaji. Mulai nama dan ruas, kondisi jalan, panjang dan lebar, hingga lalu lintas harian rata-rata (LHR). Artinya, masyarakat dapat mengetahui kepadatan jalan tersebut. Torik menyebut informasi jalan dirasa penting. Terutama di daerah kota. Sebab, lalu lintas menjadi masalah klasik di wilayah perkotaan.

‘’Ada 1.500 jalan yang sudah masuk dalam sistem ini. Tapi untuk sementara baru jalan yang beraspal yang kami masukkan. Kami juga berharap ada masukan dari masyarakat sekiranya ada jalan yang belum masuk,’’ imbuhnya.

Namun, masyarakat hanya bisa melihat untuk sementara. Sedang, pelaporan kondisi jalan diberikan kepada petugas kelurahan. Ini agar laporan tepat sasaran. Torik menyebut banyak informasi yang salah sasaran ketika dibuka layanan laporan langsung masyarakat. Masyarakat yang ingin melaporkan kondisi jalan dapat melapor kepada petugas di kelurahan untuk selanjutnya diteruskan ke dalam sistem.

Baca juga:   Walikota Apresiasi Partisipasi Peserta di MTQ Kota Madiun 2018

Bagaimana cara mengaksesnya?

Masyarakat cukup mengakses alamat web http://silat.madiunkota.go.id/. Namun, masyarakat perlu login terlebih dahulu. Username dan password bakal diberikan dalam satu sampai dua dari ke depan. Pihaknya masih menyiapkan. Sebab, username dan password bakal dibedakan tiap kelurahan. Itu untuk memudahkan proses tindak lanjut petugasnya. Pihaknya juga berencana mengundang pihak kelurahan untuk sosialisasi dalam waktu dekat ini.

‘’Prinsipnya ini sebagai langkah awal, terkait kelengkapan akan kami usulkan lebih lanjut,’’ pungkasnya sembari menyebut layanan diharap dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat. (dhevit/agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019