MADIUN – Indonesia merupakan negara demokratis yang menyatakan bahwa kedaulatan tertinggi berada di tangan rakyat. Hal tersebut diwujudkan dalam proses pemilihan umum yang diadakan tiap lima tahun sekali. Selama proses pemilihan umum (pemilu) itu, tentunya ada sebuah kegiatan yang tak dapat dihindarkan, yakni kampanye.

Proses kampanye Pileg dan Pilpres sendiri telah dilaksanakan sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Dalam kegiatan kampanye, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Madiun turut serta mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam proses pengawasan pelaksanaan pemilu.

“Setelah kami mengadakan sosialisasi kita memberdayakan mereka. Kami buat grup obrolan, dari sana mereka aktif untuk mengajukan pertanyaan seputar pemilu, aktif juga untuk memberi tahu kami mengenai penemuan beberapa kampanye yang terindikasi pelanggaran,” jelas Mohda Alfian selaku Koordinator Divisi Organisasi SDM Bawaslu Kota Madiun.

Bisa dikatakan tiap minggunya selalu ada laporan yang masuk, misalnya yang berkaitan dengan alat peraga kampanye (APK) yang ambruk, APK dekat bangunan pendidikan dan lain sebagainya.

Setelah menerima laporan, kata dia, pihaknya langsung menindaklanjuti laporan yang diberikan. Mohda mengatakan, pengawas partisipatif kebanyakan berasal dari mahasiswa, dan pemilih pemula yang berasal dari pelajar SMA di Kota Madiun.

Baca juga:   Berbunga-Bunga di Jalan Larasati

“Ini merupakan salah satu program Bawaslu yakni menggaet anak muda untuk tidak apatis terhadap politik. Koordinasi dengan pengawas partisipatif ini lebih dinamis, karena mereka dapat berbagi informasi langsung di grup, share foto dan informasi,” terangnya.

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang  berkaitan dengan pengawasan partisipatif sebagai mana diatur dalam Pasal 448 ayat (3). Pengawas partisipatif merupakan salah satu cara bentuk pengawasan yang legal, dan lebih nyata karena mereka merupakan unsur yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pemilih.

Mohda berharap dengan peran serta pengawas partisipatif, pemilu serentak di Kota Madiun akan berjalan secara kondusi. “Untuk mencapai itu, tentunya dibutuhkan peran serta dari semua elemen yanga ada,” tandasnya. (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019