Berbagai permainan tradisional memberikan banyak manfaat untuk perkembangan anak. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN- Kemajuan zaman, mau tidak mau turut mempengaruhi perubahan pola bermain pada anak. Istilah “kids zaman now” lebih akrab dengan gadget, daripada bermain di luar ruang. Permainan tradisional seperti petak umpet atau gobak sodor terkesan melelahkan, dibandingkan jika harus bermain gadget di rumah seharian.

Seringnya, orang tua pun melarang anak-anaknya untuk melakukan aktivitas luar ruang dengan berbagai macam alasan. Seperti kotor, terpapar panas matahari, atau bahkan terpapar bakteri dan segala jenis kuman. Padahal, bermain atau berkegiatan di luar ruang memiliki banyak manfaatnya lho!

Berikut beberapa manfaat yang bisa menjadi pertimbangan orang tua agar mengizinkan anaknya untuk berkegiatan atau bermain di luar rumah.

Melatih Kecerdasan Sosial

Keluar rumah, berinteraksi dengan dunia luar, alam, teman-teman dan tetangga. Dapat membangun kepercayaan diri anak secara perlahan. Tak hanya itu, berkegiatan di luar ruangan juga dapat melatih kecerdasan sosial. Anak dituntut untuk bertemu dengan banyak orang, sehingga mau tidak mau mereka akan menyapa, dan memahami orang lain. Hal tersebut menjadikan anak tidak apatis terhadap lingkungan sekitar.

Mengajak Untuk Berolahraga

Ruang yang luas, bisa jadi tempat terbaik untuk anak bereksplorasi melakukan semua hal yang mereka inginkan. Seperti berlari, melompat, bersepeda, dan lainnya. Secara tak sadar, ini juga merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan untuk anak. Hal ini tentu dapat membuat anak lebih aktif bergerak dan meningkatkan kesehatan anak secara keseluruhan.

Baca juga:   Jangan Hanya Sibuk Kerja, Yuk Luangkan Waktu untuk Olahraga!

Merangsang Kreativitas dan Imajinasi

Alam secara alamiahnya dapat merangsang kreativitas dan imajinasi anak lebih luas, jika dibandingkan hanya melihat layar gadget, komputer, atau televisi. Tidak hanya berinteraksi dengan melihat saja, tapi di alam terbuka, anak dapat juga menyentuh, mencium, dan mendengar. Sehingga lebih banyak mengaktifkan indera mereka.

Mendorong pertumbuhan tulang pada anak

Dengan bermain di luar rumah, anak dapat terppar sinar matahari secara langsung. Sebagaimana yang kita tahu, matahari membantu meningkatkan vitamin D pada tubuh dan baik untuk pertumbuhan tulang anak. Membiarkan anak bermain di luar rumah dan terpapar sinar matahari selama 10-15 menit saja sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin D untuk pertumbuhan tulangnya.

Anak dilatih untuk berpikir menyelesaikan masalah

Jika dibandingkan dengan bermain video game, bermain atau berkegiatan di luar ruang bersama teman dapat menciptakan tantangan tersendiri. Anak, lebih dapat menghadapi masalah nyata dibandingkan hanya memecahkan masalah di video game. Hal di atas dapat melatih anak berpikir untuk memecahkan masalah mereka sendiri. Secara tidak langsung, anak akan terbiasa untuk mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain.
(ws hendro/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019