Hingga saat ini, ada 42.820 kartu yang telah sampai ke penerimanya. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN – Jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kota Madiun menjadi komitmen pemkot melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana. Salah satunya dibuktikan dengan pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS). Pemerataan layanan kesehatan atau universal health coverage (UHC) pun terpenuhi.

Kepala Dinkes KB Kota Madiun dr Agung Sulistya Wardani menuturkan, sejak tahun lalu dinasnya telah melakukan pendataan. Hasilnya, ada 58.247 jiwa yang tercatat mendapatkan KIS dari Pemkot Madiun.

Pendistribusian pun dilakukan melalui kantor Dinkes KB, kelurahan, dan puskesmas. Hingga saat ini, ada 42.820 kartu yang telah sampai ke penerimanya. Sedangkan, sisanya yang 15.427 masih belum diambil oleh penerima. ‘’Hingga saat ini kami masih melayani pengambilan KIS,’’ tutur Wardani.

Lebih lanjut, Wardani menjelaskan, proses pengambilan kartu bisa diwakilkan salah seorang anggota dalam Kartu Keluarga (KK). Mereka cukup membawa KK asli dan KTP asli seluruh anggota keluarga. Untuk anak-anak bisa diwakilkan dengan KK atau KIA. Pengambilan KIS dapat dilakukan di Dinkes KB atau puskesmas.

Baca juga:   Tim Acungi Jempol Program Jaminan Kesehatan dan Ambulan Gratis 24 Jam

Namun, khusus pelayanan pengambilan KIS di Puskesmas Tawangrejo, Puskesmas Oro-Oro Ombo, dan Puskesmas Patihan akan dihentikan per 14 Januari 2019. Penerima di wilayah itu yang belum mengambil kartu bisa langsung ke Dinkes KB. ‘’Karena tinggal sedikit yang belum ambil, makanya kami alihkan ke kantor,’’ imbuhnya.

Saat ini, kantor Dinkes KB pindah sementara di Asrama 1 Wisma Haji Kota Madiun Jl Ringroad Barat. Sedangkan, kantor yang berada di Jalan Trunojoyo sedang dalam proses renovasi. ‘’Pengambilan kartu kami layani pada jam kerja,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019