16 siswa dibawa ke markas Satpol PP untuk pendataan dan pembinaan. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN – Kejadian yang menimpa 16 siswa SMA di wilayah Madiun ini mestinya bisa menjadi pelajaran bagi teman-teman lainnya. Bagaimana tidak, bukannya belajar di sekolah, mereka malah duduk-duduk santai di warung. Pada saat jam pelajaran pula.

Warga yang melihat hal itu merasa gerah dan melaporkannya kepada Satpol PP Kota Madiun. Petugas pun langsung menuju lokasi dan menertibkan para pelajar yang bolos sekolah itu. ‘’Ya, ada laporan dari warga. Lalu kami cek dan ternyata benar, banyak siswa yang nongkrong,’’ tutur Kepala Satpol PP Kota Madiun Sunardi Nurcahyono, Senin (21/1).

Operasi penertiban siswa-siswa yang membolos itu berlangsung sekitar pukul 10.00 di sebuah warung yang berlokasi di Jalan Ki Ageng Kebo. Tak hanya siswa dari Kota Madiun, sebagian di antaranya juga ada yang berasal dari wilayah tetangga. Seperti, Balerejo dan Jiwan.

Penertiban ini, menurut Sunardi, sebagai upaya penegakan peraturan daerah terkait ketentraman dan ketertiban umum. Salah satunya menyebutkan bahwa siswa sekolah di jam pelajaran harus ada di sekolah.

Baca juga:   Demi Kebutuhan Keluarga, PR Nekat Mencuri Diesel Pinggir Sawah

16 siswa tersebut dibawa ke markas Satpol PP untuk pendataan dan pembinaan. Petugas juga berkoordinasi dengan pihak sekolah dan Dinas Pendidikan untuk upaya pembinaan lebih lanjut. ‘’Kami mengimbau kepada tenaga pendidik dan siswa sekolah untuk berkoordinasi dengan orang tua,’’ imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Sunardi juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam menjaga ketertiban di Kota Madiun. Pihaknya juga akan memberikan pembinaan kepada pemilik warung. ‘’Agar ikut membantu membina siswa sekolah. Boleh ke warung, tapi jangan pas jam belajar,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019