Eksekutif-Legislatif Samakan Persepsi Perancangan Raperda

Di Posting Oleh madiuntoday

25 Januari 2019

MADIUN – Pemkot dan DPRD Kota Madiun kembali menggelar pertemuan. Kegiatan yang berlangsung pada Jumat (25/1) siang ini berlangsung kondusif. Para anggota eksekutif dan legislatif di Kota Karismatik ini membahas tiga rancangan peraturan daerah (raperda) sekaligus.

Tiga raperda tersebut yaitu terkait pencabutan peraturan tentang retribusi izin gangguan, raperda perubahan atas Perda Nomor 15 Tahun 2011 tentang pelayanan publik hasil fasilitasi provinsi, dan raperda retribusi pengendalian menara telekomunikasi.

Asisten I Pemerintahan dan Pembangunan Kota Madiun R. Andriono Waskito Murti selaku pimpinan rapat menuturkan, penyusunan raperda bisa berjalan lancar dan sukses karena kerjasama yang baik antara pemkot dan DPRD. ‘’Perda merupakan produk eksekutif dan legislatif,’’ tuturnya.

Karena itu, Andriono mengajak seluruh anggota rapat untuk melakukan pembahasan dengan cara kekeluargaan. Selain itu, juga menciptakan produk hukum yang menaungi kepentingan seluruh warga Kota Madiun. Sehingga, hasilnya pun dapat diterima oleh masyarakat.

Dalam rapat tersebut, hadir pula sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Di antaranya, Bagian Organisasi, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perdagangan, Satpol PP, serta Bagian Hukum Pemkot Madiun.

Pada kesempatan itu, mereka menyempurnakan kembali tiga raperda tersebut. Beberapa fokus pembahasannya seperti dasar hukum perancangan peraturan, isi, penyesuaian pasal, hingga penetapan OPD yang berwenang.

Sementara itu, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD Kota Madiun Nursini mengatakan, peraturan daerah harus disusun dengan sejelas-jelasnya. Supaya tidak ada saling tindih kewenangan antar-OPD.

Serupa dengan Andriono, Nursini pun mengharapkan hasil yang terbaik dari penyusunan tiga raperda tersebut. Sehingga, hasilnya dapat membawa manfaat bagi semua pihak. Terutama, masyarakat. (Lucky/irs/diskominfo)

#100ThMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#KotaKarismatikMadiun

Artikel Terkait

Don`t copy text!