MADIUN – Pemilik motor butut seringkali merasa aman meninggalkan kendaraannya di manapun. Sebab, mereka merasa bahwa tidak ada maling yang sudi mencuri. Tapi, perkiraan itu rupanya salah. Kalau ada kesempatan, motor butut pun bisa jadi incaran pencuri.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh pria berinisial RAH. Warga Desa Kinandang Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan ini telah melakukan tindak pencurian motor Jialing warna hitam tahun 2000. Tindakan itu dilakukannya di Desa Kincang Wetan Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun.

Peristiwa itu terjadi pada 24 Desember lalu. Sekitar pukul 05.00, korban mendapati motor miliknya yang terparkir di teras rumah telah raib. ”Sebelum meninggalkan sepeda motor, dia (korban, red) ingat belum mencabut kunci kendaraannya itu,” tutur Kanit Reskrim Polsek Jiwan Iptu Gunawan saat rilis di Mapolresta Madiun.

Korban pun melapor ke Polsek Jiwan. Pihak kepolisian lantas menelusuri kasus tersebut hingga ke media sosial. Rupanya, ditemukan bahwa motor korban telah dijual oleh pelaku melalui situs jual beli online. Setelah ditelusuri, motor tersebut rupanya sudah laku dijual dengan harga Rp 2,5 juta.

Baca juga:   Mengenang Letusan Kelud 2014 Silam, Kota Madiun pun Tertutup Kabut Kelam

Berdasarkan nomor ponsel yang tertera pada situs jual beli online tersebut, polisi akhirnya menemukan bahwa RAH berada di Bandung, Jawa Barat.

”Kami lakukan pengejaran sampai ke Bandung. Pelaku berhasil diamankan di salah satu terminal di wilayah itu,” terang Gunawan.

Pria kelahiran Magetan 26 Juni 1996 itu akhirnya dibawa kembali ke Madiun untuk menjalani proses penyelidikan. Rupanya, ini bukan pertama kalinya pelaku melakukan aksi pencurian. Sebelumnya, dia pernah mencuri sapi milik warga.

Kepada polisi, RAH mengaku membutuhkan uang untuk modal mencari pekerjaan. Melihat ada kesempatan, diapun mencuri motor yang terparkir beserta kuncinya itu. Atas tindakan tersebut, RAH diganjar Pasal 363 KUHP dan dikenai hukuman maksimal 7 tahun penjara. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019