MADIUN – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2019 tingkat kecamatan di Kota Madiun memasuki hari kedua. Setelah Kartoharjo, kini giliran Kecamatan Manguharjo menyampaikan usulan pembangunan baik fisik maupun non fisik kepada Pemkot Madiun.

Dalam kegiatan yang berlangsung Jumat (8/2) di aula Kecamatan Manguharjo, disampaikan ada 1.859 usulan untuk pembangunan 2020 mendatang. Mengetahui hal ini, Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto pun menyampaikan apresiasinya. ”Ini bagus,” ucapnya.

Usulan yang disampaikan Kecamatan Manguharjo ini naik 40,43 persen dari jumlah usulan tahun sebelumnya. Tentu, hal ini telah melalui petimbangan dan pengkajian dari seluruh lapisan masyarakat di wilayah itu.

”Semua yang diusulkan pasti sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Setelah ini masih ada musrenbang tingkat kota dan tingkat OPD. Kalau ada kesesuaian, usulan bisa langsung ditarik ke OPD,” jelasnya.

Perencanaan pembangunan memang tak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Sugeng menjelaskan, hal ini juga harus disesuaikan dengan skala prioritas tujuan pemerintah pusat. Sehingga, pembangunan di daerah dapat mendukung pembangunan secara nasional.

Baca juga:   Menjelang 2019, Walikota Imbau Usulan Perda Sesuai Kebutuhan

Khusus Kecamatan Manguharjo, Sugeng mengungkapkan bahwa masih banyak potensi yang dapat dikembangkan. Terutama, peningkatan kapasitas daya saing ekonomi daerah berbasis UMKM.

Selain itu, di wilayah tersebut juga ada tempat pembuangan akhir (TPA) yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH). ”Jangan sampai adanya tempat ini menimbulkan dampak yang tidak baik bagi masyarakat. Artinya, harus dikelola dengan baik,” paparnya.

Sementara itu, Camat Manguharjo Teguh Sudariyanto mengatakan bahwa akan ada banyak pelatihan keterampilan bagi warganya di tahun 2019. Begitu pula dalam usulan yang disampaikan untuk 2020 mendatang.

”Prioritas lainnya yakni pembenahan jalan utama di Kecamatan Manguharjo, jambanisasi dan pembenahan RTLH (Rumah Tak Layak Huni). Mudah-mudahan di 2020 nanti RTLH dan jambanisasi di Kecamatan Manguharjo bisa tuntas 100 persen,” tandasnya. (lucky/irs/ayu/diskominfo)

#100ThMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#KotaKarismatikMadiun