MADIUN – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun semakin intensif melaksanakan perekaman KTP elektronik (e-KTP). Bahkan, mereka tetap membuka pelayanan pada 17 April nanti.

Kepala Bidang Pendataan Penduduk Dispendukcapil Kota Madiun Supriyono menuturkan, kebijakan ini berdasarkan instruksi Kementerian Dalam Negeri. Bahwa, pada H-1 dan hari H penyelenggaraan Pemilu 2019, Dispendukcapil tetap membuka pelayanan.

”Khususnya, untuk melayani warga yang baru berusia 17 tahun pada 17 April nanti,” tuturnya saat ditemui dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Penyelenggaraan Pemilu 2019 di I-Club Kota Madiun, Selasa (12/2).

Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi para pemilih pemula. Sebab, perekaman dan pencetakan e-KTP tidak dapat dilakukan sebelum yang bersangkutan berusia 17 tahun. ”Kami buka pelayanan seperti jam kerja biasanya,” ujar Supriyono.

Tak hanya menyediakan layanan pada saat Pemilu, Dispendukcapil juga menerima masyarakat yang akan melaksanakan perekaman e-KTP di malam hari. Yakni, hingga pukul 21.00. Namun, masyarakat yang ingin menggunakan layanan ini diminta konfirmasi terlebih dahulu. Sehingga, petugas akan menyiapkan keperluan yang dibutuhkan.

Baca juga:   Kinerja Andal Pelayanan Publik Pemkot Madiun Dapat Usulan Satyalencana

Selain itu, pelayanan Dispendukcapil juga bisa ditemui setiap Sabtu. ”Kami sediakan layanan melalui mobil keliling dan portable. Untuk daerah yang tidak bisa dijangkau mobil, petugas akan berkeliling di pemukiman warga dengan membawa alat perekaman portable,” paparnya.

Lebih lanjut, Supriyono mengatakan, Kemendagri telah menjamin ketersediaan e-KTP bagi masyarakat Indonesia. Sehingga, tidak perlu khawatir kehabisan. ”Bahkan, di tempat kami ketersediaan blangkonya lebih dari cukup,” imbuhnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019