MADIUN – Warga di sekitar jalan DI Panjaitan Kota Madiun tiba-tiba dikagetkan dengan suara keras mirip ledakan ban. Setelah dicari sumber suara, rupanya sebuah bus Cendana menabrak bus Restu yang sedang menurunkan penumpang di depan SPBU.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 11.00 itupun sontak mengundang perhatian. Pasalnya, kerusakan bus cukup parah dan hampir seluruh penumpangnya mengalami luka-luka. Pecahan kaca dan darah pun berceceran di sekitar lokasi.

Menurut penuturan sopir bus Cendana, Totok Riyanto, dia hendak membawa penumpang dari Terminal Purbaya Madiun menuju Ponorogo. Memasuki Jalan DI Panjaitan, dia menyadari rem bus yang dikendarainya blong.

“Baru tahu sekitar 7 meter (dari TKP). Sebelumnya tidak ada masalah,” tutur pria 34 tahun itu.

Insting Totok pun langsung bekerja untuk menyelamatkan 20 penumpangnya. Melihat ada bus Restu yang sedang berhenti di depannya, diapun menabrakkan busnya ke kendaraan besar jurusan Surabaya-Ponorogo itu untuk menghindari dampak yang lebih fatal.

Baca juga:   Tabrak Truk Gandeng, Truk Pasir Ringsek

Otomatis, body bagian depan bus Cendana bernopol AE 7147 UB itu ringsek. Begitu pula dengan body bagian belakang bus Restu bernopol N 7064 UG itu.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Seluruh penumpang yang mengalami luka-luka langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Petugas Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan kepolisian Kota Madiun juga bergerak cepat membantu korban dan mengurai kemacetan karena peristiwa tersebut.

Sementara itu, sopir bus Restu Juwari mengaku kaget tiba-tiba ada yang menabrak kendaraannya dari belakang. Beruntung, 50 penumpangnya selamat tanpa luka karena peristiwa itu.

“Tadi berhenti menurunkan penumpang. Pas mau berangkat kok tiba-tiba ada yang nabrak,” ungkapnya.

Pria 52 tahun asal Tulungagung itupun memaklumi kondisi yang dialami bus Cendana. Meski demikian, pihaknya tetap menuntut ganti rugi.

Setelah kejadian tersebut, Juwari akan membawa busnya ke pangkalan. Sedangkan, para penumpang dioper ke bus lainnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)