Optimalkan Layanan, Dinkes Luncurkan Ambulan Gratis 24 Jam On Call

Di Posting Oleh madiuntoday

15 Februari 2019

MADIUN – Masyarakat Kota Madiun yang membutuhkan layanan ambulan kini tak perlu lagi bingung. Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun meluncurkan program Ambulan Gratis 24 jam. Masyarakat yang membutuhkan cukup menghubungi via telp.

‘’Sebenarnya program ini sudah ada sebelumnya. Tetapi kami sempurnakan lagi. Kalau dulu di masing-masing Puskesmas, sekarang cukup melalui satu pintu,’’ kata Kepala Dinkes dan KB Kota Madiun Agung Sulistya Wardani, Jumat (15/2).

Program ini mulai berjalan Februari lalu. Masyarakat cukup menghubungi nomor call center di 0351 4480961. Pihaknya membagi pelayanan dalam tiga sif. Terdapat satu ambulan dengan tiga petugas yang siaga dalam satu kali sif. Petugas akan datang bersama seorang perawat.

‘’Kondisi pasien diperiksa terlebih dahulu. Jika memang membutuhkan perawatan lebih lanjut, akan langsung dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit,’’ jelasnya.

Wardani mengaku siap menambah armada jika dibutuhkan. Pihaknya memiliki 13 ambulan saat ini. Tersebar di enam puskesmas dan satu unit di kantor Dinkes setempat. Satu di antaranya disiagakan di posko ambulan gratis 24 secara bergantian. Posko berada di Puskesmas Oro-oro Ombo. Masyarakat juga dapat langsung datang ke Posko jika tidak melalui telp.

Namun, Wardani menghimbau panggilan hanya untuk kondisi gawat darurat. Sebab, dikhawatirkan jika ada masyarakat lain yang lebih membutuhkan di saat bersamaan tetapi ambulan sedang keluar. Himbauan ini bukan tanpa alasan. Sebab, pernah terjadi beberapa kejadian panggilan iseng dari masyarakat.

‘’Layanan ini gratis dan 24 jam. Tetapi kami himbau hanya untuk kondisi yang benar-benar darurat,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019

Artikel Terkait

Test Bela Diri

Test Bela Diri

Puluhan anggota polisi mengikuti test bela diri Polri di Halaman Polres Madiun Kota, Rabu (30/09/2020). Tes yang dilaksanakan 2x dalam setahun ini bertujuan untuk...

Don`t copy text!