Petugas saat sedang menata kotak surat suara. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN- Pesta demokrasi terbesar di Indonesia akan digelar dalam 56 hari mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun telah melakukan berbagai persiapan guna melengkapi sarana dan prasarana pelaksanaan pemilihan presiden-wakil presiden dan legislatif tersebut.

Setelah kotak surat suara, box berisi surat suara menyusul tiba di Kota Karismatik. Total ada 887 box memuat ratusan ribu surat suara yang saat ini tersimpan di gudang KPU.

“Jumlah surat suara untuk DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kota masing-masing 150.492 lembar,” terang Komisioner KPU Kota Madiun Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Rokhani Hidayat saat ditemui, Selasa (19/2).

Khusus DPRD tingkat kota, surat suara untuk DPRD Dapil 1 sebanyak 42.745 lembar, Dapil 2 sebanyak 33.571 lembar, Dapil 3 sebanyak 31.756 lembar, dan Dapil 4 sebanyak 42.422 lembar. Sehingga, total untuk seluruh surat suara yang saat ini terkumpul di KPU Kota Madiun sebanyak 451.476 lembar.

“Saat ini kami masih menunggu surat suara untuk pilpres dan pemilihan DPD yang belum terdistribusi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Rokhani menjelaskan, surat suara untuk pilpres dan DPD belum tiba karena belum selesai di percetakan. Dia berharap, surat suara bisa terdistribusi seluruhnya dalam pekan ini. Sehingga, KPU dapat melakukan pensortiran dan pengesetan pada surat suara pekan depan.

Baca juga:   Target Satu Minggu, KPU Kota Madiun Lakukan Pengesetan 3000 Kotak Surat Suara

Sementara itu, pengesetan 3.200 kotak suara sudah hampir selesai di Wisma Haji. KPU menargetkan proses tersebut selesai hari ini. ”Harapannya, semua sudah siap saat Pemilu 17 April mendatang,” ujarnya.

Rokhani menambahkan, seluruh kotak suara yang tersimpan di Wisma Haji akan dijaga dengan ketat. Setiap hari, KPU menempatkan penjaganya di area tersebut. Mereka juga memastikan kotak suara yang terbuat dari kardus itu tidak rusak. ”Kami siapkan cadangan jika ada yang rusak atau tidak layak pakai. Sejauh ini semua masih baik-baik saja,” tandasnya. (WS Hendro/Dhevit/kus/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019