MADIUN- Sebagai negara tropis, Indonesia menjadi tempat yang nyaman untuk nyamuk berkembang biak. Pasalnya, kondisi cuaca lebih hangat yang dibawa oleh El Nino mendorong perkembangbiakan serta pematangan siklus populasi nyamuk.

Kehadiran nyamuk, bukan hanya mampu membuat gatal. Gigitan nyamuk dapat turut menjadi penyebab demam berdarah, cikungunya, malaria, dan beberapa penyakit lainnya.

Untuk mengusirnya, orang-orang seringkali menggunakan obat berbahan kimia yang berpotensi menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Padahal, selain menggunakan obat berbahan kimia, ada banyak cara lainnya untuk mengusir nyamuk.

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun dr Agung Sulistya Wardhani, bahwa terdapat cara tradisional untuk menghalau kehadiran nyamuk di lingkungan sekitar rumah.

“Contohnya seperti menggunakan serai yang diletakkan di sudut ruangan. Bau serai yang menyengat mampu mencegah kedatangan nyamuk,” ungkapnya.

Selain tanaman serai, kira-kira tanaman apa saja ya yang bisa membuat nyamuk tidak betah berlama-lama untuk terbang di lingkungan sekitar kita?

Zodia

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Evodia suaveolens, merupakan tanaman yang sudah sejak lama dimanfaatkan penduduk asli Papua sebagai pengusir nyamuk dan serangga.

Apabila tanaman ini daunnya saling bergesekan, daun-daunnya akan menimbulkan aroma khas yang tidak disukai oleh nyamuk. Daun zodia dapat menghalau nyamuk selama enam jam.

Baca juga:   Pendataan KIS Masih Berlanjut

Selain itu, apabila lengan yang digigit nyamuk digosok menggunakan daun zodia, maka bentol dan gatal yang diderita akan cepat sembuh.

Lavender

unga lavender adalah salah satu bunga yang sering dimanfaatkan sebagai aroma terapi. Wanginya yang khas, membuat efek rileks bagi siapa saja yang menciumnya.

Meskipun banyak orang-orang menyukai aromanya, hal ini berlaku berbeda untuk nyamuk. Pasalnya nyamuk sangat membenci bau-bau wewangian seperti lavender ini.

Kalian bisa mencampurkan 30-40 tetes minyak esensial lavender dengan air dan masukkan ke dalam botol. Kemudian semprotkan cairan ke tubuh dan kasur menjelang tidur. Dijamin, kalian aman dari gigitan nyamuk.

Kamboja

Bunga dari kamboja, mengandung minyak atsiri yang mengandung senyawa geraniol yang dapat mengusir nyamuk.

Namun, untuk memanfaatkan tumbuhan yang satu ini agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya harus melalui proses ekstraksi terlebih dahulu.
(ayu/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019