MADIUN – Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan gizi tinggi. Namun, tak jarang masyarakat memilih komoditas lain sebagai lauk dengan berbagai alasan. Karenanya, pemerintah gencar mengkampanyekan gerakan makan ikan.

Kepala Dinas Pertanian Kota Madiun Muntoro Danardono menuturkan, saat ini kebutuhan ikan di Kota Madiun memang masih sedikit. Yaitu, hanya sekitar 14,5 persen. Jauh di bawah provinsi dan nasional.

Hal ini, salah satunya dipengaruhi oleh wilayah Kota Madiun yang jauh dari laut. ”Sehingga, memakan ikan bukan menjadi kebiasaan masyarakat,” ujarnya saat ditemui setelah memberikan sosialisasi kepada pedagang ikan di dinasnya, Selasa (26/2).

Maka dari itu, berbagai upaya dilakukan untuk mengajak masyarakat mengonsumsi ikan. Salah satunya dengan menjaga komoditas tersebut tetap baik. Langkah ini dimulai dari pemantauan kualitas bahan baku.

”Setiap hari, petugas kami sudah ada di pasar sejak jam 1 atau jam 2 malam untuk melihat kondisi daging. Termasuk di dalamnya ikan,” tuturnya.

Upaya menjaga kualitas ikan juga dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada para penjual ikan. Yakni, agar memperlakukan barang dagangannya dengan baik. Misalnya, memberikan es untuk menjaga suhu dan memasukkannya dalam wadah khusus atau coolbox. Juga, dengan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya untuk pengawetan ikan.

Baca juga:   Bukan Cuma Fogging, Ternyata Tumbuhan Ini Juga Bisa Halau Nyamuk

Apalagi, selama ini Kota Madiun mendatangkan ikan dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Antara lain, Trenggalek, Pacitan, Tuban, dan Lamongan. Karena itu, proses distribusi yang baik dan benar menjadi perhatian tersendiri.

Muntoro menambahkan, masyarakat juga perlu jeli dalam memilih ikan yang segar dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Ciri-cirinya antara lain, bola mata cembung, kornea dan pupil jernih, mengkilap, sisik melekat kuat, kulit cerah, dan tidak berbau. ”Prinsipnya, kondisi ikan sesuai dengan ikan segar,” tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019